DPRD Banjarmasin: lakukan pengawasan ketat anak bermain di sungai - BeritAja

Sedang Trending 9 bulan yang lalu
beritaja.com

Banjarmasin (BERITAJA.COM) - Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Matnor Ali meminta pemerintah kota, masyarakat dan orang tua agar melakukan pengawasan ketat terhadap anak-anak bermain di sungai, karena sudah ada dua korban jiwa.

Menurut dia di Banjarmasin, Selasa, adanya dua korban jiwa anak hanyut dan tenggelam di sungai di area Belitung Darat, Banjarmasin  Barat dan Sungai Biyuku di Banjarmasin Utara baru-baru ini kudu jadi perhatian semua.

"Jangan sampai kita lengah lagi mengawasi anak-anak bermain di sungai," ucapnya.

Apalagi, tutur Matnor Ali, air sungai belakang ini mengalami pasang tinggi, berarus cukup kencang, termasuk akibat intensitas hujan nan tinggi, hingga menjadi sangat bahaya.

Dia pun mengingatkan, dengan kondisi sungai nan kurang berkawan ini agar para orang tidak mengizinkan anaknya untuk bermain jauh dari pantauan.

"Bisa jadi bakal bermain air sungai, lantaran sifat anak-anak sangat senang dengan air. Tapi tetap tidak mengerti jika air sungai tersebut sangat dalam dan bisa membahayakan nyawanya," tuturnya.

Ia tak melarang jika anak-anak bermain di sungai, asalkan didampingi orang tua alias ada pengawasan dari orang dewasa.

"Saat ini musim air bah (rob) dan terjadi peningkatan volume air. Pada musim ini kadang di Banjarmasin ditemukan kasus orang tenggelam. Makanya saya minta kepada orang tua untuk waspada," tuturnya.

Matnor Ali juga sepakat jika ada rencana pihak pemerintah untuk memasangi CCTV di area sungai, terutama di titik rawan.

"Misalnya di batang (tempat penduduk melakukan aktivitas di tepi sungai) termasuk di area sungai wisata," katanya.





Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di Google News




Ikuti Media Sosial Kami
Affiliate: Life Health / Inforia / Blogkoopedia
close