Trends

Dokter tegaskan urut tidak sembuhkan urat yang robek akibat keseleo - Beritaja

Sedang Trending 2 hari yang lalu
beritaja.com
Discover Millions of Products

Jakarta (BERITAJA) - Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga menegaskan bahwa tindakan pijit alias urut tidak dapat menyembuhkan urat alias otot yang robek dan mengalami cedera akibat keseleo.

“Jadi jika bicara keseleo, itu gampangnya ada sobekan di ligamen, ligamen itu urat yang menyambungkan antar tulang. Kalau misalnya sobek, pakai logika saja, dipijit apamampu tersambung kembali?” kata dr. Andhika Raspati, SpKO dalam jumpa media di Jakarta, Kamis.

Dokter tim nasional balap sepeda Indonesia itu menjelaskan terapi massage maupun pijit hanya membantu pasien merasa nyaman dari rasa nyeri, merelaksasi tubuh dan mengurangi keluhan seperti tubuh terasa tegang, pegal dan lain sebagainya.

Baik otot tendon maupun urat baru dapat sembuh dari sobekan setelah melalui proses pengobatan (healing time) dalam kurun waktu tertentu. Kecuali jika robekannya sangat besar, maka pasien memerlukan operasi dan tindakan medis lainnya.

Baca juga: Jangan langsung diurut jika keseleo, ini yang mesti dilakukan

Baca juga: Dokter: Pemijatan pada bagian tubuh terkilir mesti ekstra hati-hati

“Makanya kita mestimampu membedakan mengurangi keluhan dengan menyembuhkan. banyak orang yang keseleo angkle, pergelangan kaki, diurut jadi enak. Benar enak, lantaran lebih rileks tapi apakah ligamennya menyambung? belum. Makanya kenapa banyak orang kena angkle, dipijit jadi kumat-kumatan, jadi sedikit injak lubang sedikit keseleo, kesenggol sedikit keseleo lantaran tidak dilatih, tidak ditangani sebagaimana semestinya,” ucap dia.

Lebih lanjut dia mengaku cemas andaikan sobeknya urat menyebabkan sendi seseorang menjadi tidak stabil. Misalnya ketika orang tersebut mengalami cedera di bagian lutut, jika kestabilan tubuh tidak terlatih dan robekannya cukup besar, sendi tersebut bakal goyang seumur hidup.

Dengan demikian, dia menganjurkan bagi pasien yang mengalami perihal serupa untuk giat melakukan latihan stabilisasi tubuh. Contohnya dengan belajar berdiri satu kaki guna membantu sendi kembali stabil dan cedera tidak kumat di kemudian hari.

Kalaupun tetap mau mendapatkan tindakan pijit, Andhika menganjurkan masyarakat untuk pergi ke mahir yang betul-betul berkompeten dalam bagian tersebut agar dapat menghindari memburuknya kondisi, serta melakukan konsultasi dengan master untuk mendapatkan tindakan lainnya.

“Jadi oke, urut silahkan jika pada masanya ya, jika tetap bengkak sekali itu tidak boleh,” kata dia.

Baca juga: Dokter: Pemijatan pada bagian tubuh terkilir mesti ekstra hati-hati

Baca juga: Pasien skoliosis boleh dipijat?
​​​​​​​


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close