Trends

DJPb Kaltara menyelenggarakan bazar Pekan UMKM - BeritAja

Sedang Trending 11 bulan yang lalu
beritaja.com

Bazar UMKM ini corak peran nyata Kanwil DJPb Kalimantan Utara dalam aktivitas pemberdayaan UMKM.

Tanjung Selor (BERITAJA.COM) - Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) memberdayakan UMKM lewat pagelaran Pekan UMKM bersinergi dengan Kemenkeu Satu, pemda, perbankan, Pegadaian, dan PNM Mekaar selaku penyalur Kredit Ultra Mikro (UMi).

“Bazar UMKM ini corak peran nyata Kanwil DJPb Kalimantan Utara dalam aktivitas pemberdayaan UMKM,” kata Pelaksana Tugas Kanwil DJPb Kaltara Adi Widyandana, di Tanjung Selor, Senin.

Pemberdayaan UMKM dilaksanakan meliputi beberapa kegiatan, seperti training nan digelar pada 1 Maret hingga 2 Maret 2023 di Tanjung Selor. Sedangkan bazarnya digelar pada 5 Maret 2023 berlokasi di Taman Sungai Kayan bertepatan aktivitas Tebu Kayan.

Untuk mendorong faedah dan bisa meningkatkan daya saing para UMKM binaan, maka pagelaran ini menghadirkan sinergi Kemenkeu Satu, kerjasama dengan pemda, perbankan, Pegadaian, dan PNM Mekaar selaku penyalur Kredit Ultra Mikro (UMi).

“Terima kasih atas support dan partisipasi dari seluruh pihak, sehingga aktivitas ini dapat terlaksana,” kata Adi Widyandana.

Bupati Bulungan Syarwani menyampaikan penghargaan dilaksanakannya sosialisasi pembiayaan UMKM KUR dan UMi, serta sosialisasi Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara alias PKN STAN dan danasiwa lembaga pengelola biaya pendidikan alias LPDP dalam aktivitas tersebut.

Syarwani mengatakan semuanya merupakan program dari Kementerian Keuangan RI dalam menyiapkan generasi penerus para calon pemimpin serta ahli melalui program danasiwa pendidikan.

Kemudian melalui program pembiayaan angsuran pemerintah diharapkan menumbuhkan pelaku upaya baru maupun meningkatkan daya saing UMKM, sehingga bisa meningkat ke skala upaya nan lebih besar.

Pada kesempatan itu Syarwani menegaskan keberadaan UMKM merupakan penyedia jaring pengaman terutama bagi masyarakat berpendapatan rendah untuk menjalankan aktivitas ekonomi produktif.

UMKM juga menjadi salah satu penopang perekonomian Indonesia dengan kontribusi terhadap produk domestik bruto dan penyerapan tenaga kerja serta ekspor nan cukup besar.

“Untuk itu, saya membujuk seluruh komponen masyarakat, agar bisa berperan-serta untuk berkedudukan serta menyebarluaskan info adanya program pembiayaan pemerintah nan murah dan mudah untuk para pelaku UMKM,” kata dia pula.

Tidak kalah pentingnya, Bupati Bulungan membujuk seluruh komponen peduli dengan keberlangsungan upaya dengan membeli produk-produk hasil UMKM.

Dengan adanya sinergi berbareng dalam pemberdayaan UMKM tersebut, diharapkan dapat segera mewujudkan kemandirian ekonomi rakyat menuju masyarakat nan setara dan sejahtera di Kabupaten Bulungan.
Berita lain dengan Judul: Pemprov Kaltara usulkan 4.938 UMKM dapat Bantuan Langsung Tunai
Berita lain dengan Judul: Kawasan industri hijau Kaltara dibangun dengan skema B2B

Muh. Arfan
Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di



    close