Ditjen Pajak periksa 6 perusahaan dan 1 konsultan terkait Rafael Alun - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu
beritaja.com

Kami sedang melakukan pemeriksaan pajak khususnya untuk menguji kepatuhan perpajakan dari wajib pajak tersebut

Jakarta (BERITAJA.COM) - Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan memeriksa enam perusahaan dan satu konsultan pajak mengenai mantan pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo.

"Kami sedang melakukan pemeriksaan pajak khususnya untuk menguji kepatuhan perpajakan dari wajib pajak tersebut," ungkap Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo dalam konvensi pers Tindak Lanjut Penanganan Pegawai di Jakarta, Rabu.

Pemeriksaan dilakukan setelah Ditjen Pajak menerbitkan Surat Perintah Pemeriksaan Pajak (SP2). Penerbitan SP2 tersebut merupakan hasil pengembangan dari penjelasan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) nan dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Berita lain dengan Judul: Kemenkeu tegaskan Rafael Alun tak bakal dapat pensiun usai dipecat

Suryo menjelaskan jika terdapat potensi pajak nan tetap kudu dibayar atas perusahaan-perusahaan tersebut, maka ditindaklanjuti sesuai dengan ketentuan nan berlaku.

Oleh lantaran itu, nantinya bakal diterbitkan produk norma sesuai dengan ketentuan, salah satunya ialah berupa ketetapan pajak.

Adapun keenam perusahaan dan satu konsultan pajak tersebut yakni, GTA, SKP, PHA, CC, PDA, RR, dan SCR.

Ia menegaskan Ditjen Pajak juga bakal melakukan pemeriksaan terhadap perusahaan-perusahaan nan digunakan untuk melakukan kejahatan pidana. Pemeriksaan turut dilakukan kepada konsultan pajak nan mengenai perusahaan tersebut.

Nama Rafael Alun Trisambodo menjadi perhatian publik setelah putranya, Mario Dandy Satrio (MDS), menjadi tersangka atas kasus penganiayaan berat terhadap Cristalino David Ozora nan merupakan anak seorang Pengurus Pusat Gerakan Pemuda Ansor Jonathan Latumahina.

Mario juga diketahui kerap pamer kendaraan dan aset mewah di media sosialnya. Dari kebiasaan Mario tersebut, diketahui bahwa Mario adalah anak dari Rafael nan mempunyai kekayaan kekayaan hingga Rp56 miliar, berasas LHKPN nan dilaporkan ke KPK.

Namun kekayaan milik Rafael tersebut dianggap tidak sesuai dengan profil penghasilan Rafael nan saat itu tetap merupakan pejabat eselon III Ditjen Pejaka Kemenkeu. Terlebih, family dari Rafael juga kerap memamerkan kendaraan dan aset mewah nan tidak tercatat dalam LHKPN.

Berita lain dengan Judul: Kemenkeu: Menteri Keuangan setujui pemecatan Rafael Alun dari ASN



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
    close