Trending

Ditjen Bina Pemdes: Antisipasi dinamika pilkades di tahun politik - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Oleh lantaran itu, pilkades diharapkan bisa tuntas pada 2023 ini

Jakarta (BERITAJA.COM) - Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri mengingatkan perlunya mengantisipasi dinamika penyelenggaraan pemilihan kepala desa (pilkades) nang berbarengan dengan tahun politik.

"Oleh lantaran itu, pilkades diharapkan bisa tuntas pada 2023 ini," kata Analis Kebijakan Ahli Muda Seksi Pemilihan Kepala Desa, Direktorat Penataan dan Administrasi Pemerintahan Ditjen Bina Pemdes Wirahman Dwi Bahri saat menerima konsultasi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Tegal Dessy Afirianto di Jakarta, Senin.

Wirahman nang mewakili Dirjen Bina Pemdes Eko Prasetyanto Purnomo Putro mengatakan respons dan petunjukannya mengenai penyelenggaraan pilkades tersebut sesuai SE Mendagri Nomor 100.3.5.5/244/SJ Tentang Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa pada Masa Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024.

"Apabila memang kudu melewati tahun 2023 diharapkan per Januari 2024, lantaran kita sama-sama mengantisipasi gimana dinamika nang bakal terjadi ketika pemilu berbarengan dengan proses pilkades," ujar Wirahman, dikutip dari siaran pers.

Berita lain dengan Judul: Kemendagri: Pilkades Serentak diharapkan tidak munculkan klaster baru

Wirahman mengharapkan penyelenggaraan pilkades di Kabupaten Tegal bisa melangkah lancar dan sesuai waktu nang telah ditentukan.

"Alhamdulillah tadi sudah saling berbincang dan berganti pikiran, kelak pihak dari Pemkab Tegal bakal menyurati kita dalam perihal legitimasinya, bahwa dari kebijakan kita bakal dituangkan dalam corak surat dari Ditjen Bina Pemdes," katanya.

Sementara itu, Kadis PMD Tegal Dessy Afirianto mengatakan penyelenggaraan pilkades di Kabupaten Tegal bakal dilaksanakan di tahun politik ini.

Menurutnya, di Kabupaten Tegal ada 49 desa nang rentan waktu pilkadesnya di bulan November. Namun, ada lima desa nang akhir masa kedudukan kepala desanya di bulan Januari, Februari, dan Maret.

"Bagaimana petunjukannya mengenai dengan desa nang masa akhir masa jabatannya melampaui tahun 2023 ini," ujar Dessy.

Berita lain dengan Judul: Dirjen Bina Pemdes pantau secara virtual Pilkades di Denpasar
Berita lain dengan Judul: Kemendagri pantau Pilkades serentak 129 desa di Hulu Sungai Selatan

Sigit Pinardi

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close