Trends

Distan Cirebon catat 83 ekor sapi terjangkit LSD - BeritAja

Sedang Trending 11 bulan yang lalu
beritaja.com

Kebutuhan vaksin untuk sapi cukup banyak, lantaran jumlah populasi sapi di Kabupaten Cirebon cukup banyak, ada 5.700 ekor

Cirebon, Jawa Barat (BERITAJA.COM) - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, mencatat terdapat 83 ekor sapi di daerahnya terjangkit virus lumpy skin disease (LSD), sehingga terus diupayakan untuk ditangani agar tidak menyebar.

"Hingga saat ini, terdapat 83 ekor sapi di Kabupaten Cirebon nan terjangkit LSD," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon Alex Suheriyawan di Cirebon, Jabar, Kamis.

Ia mengatakan penyakit LSD telah menjangkiti ternak sapi di 15 wilayah nan berada di Kabupaten Cirebon dan itu terjadi sejak akhir 2022.

Menurutnya, wilayah nan penyebaran penyakit LSD cukup banyak ialah di Kecamatan Gebang, nan terdapat 33 ekor sapi positif terjangkit LSD, kemudian Kecamatan Susukan Lebak dengan 14 kasus, dan sisanya hanya satu sampai enam ekor.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon Encus Suswaningsih mengatakan LSD merupakan penyakit kulit infeksius disebabkan oleh virus LSDV yang merupakan virus bermateri genetik DNA dari genus capripoxvirus dan famili poxviridae, nan umumnya menyerang hewan sapi dan kerbau.

Menurutnya, penyakit LSD pertama kali dilaporkan di Zambia, Afrika pada 1929 dan terus menyebar di benua Afrika, Eropa, dan Asia.

"Penularan LSD secara langsung melalui kontak dengan lesi kulit, namun virus LSD juga diekskresikan melalui dpetunjuk, leleran hidung dan mata, air liur, dan susu. Penularan juga dapat terjadi secara intrauterine," katanya.

Encus menambahkan mengenai pencegahan LSD pihaknya saat ini tengah melakukan vaksinasi, namun baru 300 ekor saja nan sudah mendapatkan perlindungan tersebut.

Selain vaksinasi, dalam upaya pencegahan LSD, Distan Kabupaten Cirebon pun melakukan upaya pengobatan dan penyemprotan kandang sapi dengan cairan disinfektan.

"Kebutuhan vaksin untuk sapi cukup banyak, lantaran jumlah populasi sapi di Kabupaten Cirebon cukup banyak, ada 5.700 ekor," tuturnya.

Berita lain dengan Judul: Ratusan ternak di Kabupaten Tangerang telah divaksin LSD
Berita lain dengan Judul: Pemkab Boyolali genjot sosialisasi dan vaksinasi tekan kasus LSD
Berita lain dengan Judul: Pemkab: Sebagian sapi positif LSD di Sragen mulai sembuh


Kelik Dewanto
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di



    close