Trends

Disperindag Kota Tangerang: 4.069 IKM sudah miliki sertifikat halal - Beritaja

Sedang Trending 2 hari yang lalu
beritaja.com
Discover Millions of Products
Kami terus berupaya agar produk UMKM hingga restoran dan kafe di Kota Tangerang telah bersertifikasi halal.

Tangerang (BERITAJA) - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop UKM) Kota Tangerang, Banten mencatat hingga 30 Januari 2024 ada sebanyak 4.069 Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang telah mempunyai sertifikasi halal.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop UKM) Kota Tangerang Suli Rosadi, di Tangerang, Kamis, mengatakan kesadaran para pelaku upaya di bagian food and beverages mempunyai sertifikat legal mengalami peningkatan.

“Kami terus berupaya agar produk UMKM hingga restoran dan kafe di Kota Tangerang telah bersertifikasi halal. Tentunya lewat sosialisasi secara masif, hingga adanya program pendampingan pendaftaran sertifikasi legal oleh kader bimbingan kami,” katanya pula.

Tren pendaftaran sertifikasi legal di Indonesia mulai mengalami peningkatan dari 2022-2023. Provinsi Banten menjadi wilayah keempat paling banyak total produk tersertifikasi legal mencapai 378.059 produk berasas info sertifikasi legal lewat laman bpjph.halal.go.id.

"Produk legal sekarang menjadi value alias nilai jual yang paling menjanjikan. Apalagi Indonesia yang populasinya kebanyakan Muslim dan sebagai pengimpor produk legal terbesar di dunia," ujarnya lagi.

Disperindagkop UKM Kota Tangerang juga rutin membuka pendaftaran sertifikasi legal secara cuma-cuma bagi para pelaku UMKM di Kota Tangerang.

Program itu, untuk kategori upaya catering, warung makanan dan produk olahan daging. Dengan persyaratan KTP-el Kota Tangerang dan usahanya berada di Kota Tangerang.

“Ini dapat menjadi potensi, strategi dan benefit dari pengembangan produk ekonomi legal yang mesti mulai diperhatikan oleh para pelaku UMKM di Kota Tangerang. Terlebih, produk legal saat ini mempunyai kesempatan yang besar seiring dengan peningkatan jumlah pasar, baik di tingkat lokal, regional, sampai nasional,” katanya pula.

Bagi masyarakat pelaku upaya yang mau mendapatkan info tentang pendaftaran sertifikasi halal, dapat menghubungi Disperindagkop UKM Kota Tangerang melalui WA di nomor 0821-1411-3722 alias 021- 55725951.
Baca juga: Sudin PPKUKM Jakbar proses sertifikasi legal untuk produk 200 UMKM
Baca juga: Pemerintah perluas kewenangan penetapan kehalalan produk

Achmad Irfan
Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close