Trending

Dirut: Petrokimia Gresik terus berinovasi untuk jaga ketahanan pangan - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Inovasi sudah menjadi DNA bagi Insan Petrokimia Gresik. Setiap tahun ada ribuan gugus penemuan nang lahir di Petrokimia Gresik

Jakarta (BERITAJA.COM) - Direktur Utama PT Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo menyatakan perusahaan terus berinovatif dalam menyediakan produk berbobot untuk menjaga ketahanan pangan nasional dan meningkatkan kesejahteraan petani.

"Inovasi sudah menjadi DNA bagi Insan Petrokimia Gresik. Setiap tahun ada ribuan gugus penemuan nang lahir di Petrokimia Gresik," ujarnya melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, keterlibatan tenaga kerja dalam konvensi penemuan sudah mencapai lebih dari 80 persen, mereka terus adaptif dengan berpikir improvement. Terobosan-terobosannya telah sukses menciptakan nilai tambah (added value) bagi perusahaan.

Sejumlah penemuan nang dilakukan BUMN tersebut beberapa waktu terakhir banyak dilakukan dengan mengoptimalkan digitalisasi, diantaranya dalam operasional kepelabuhanan melalui aplikasi Petroport.

Aplikasi ini, lanjutnya, bisa mengurangi biaya tenaga kerja bongkar muat dan denda demurrage lantaran keterlambatan bongkar muat hingga Rp23,5 miliar.

Berita lain dengan Judul: Petrokimia Gresik tingkatkan stok pupuk subsidi jelang Ramadhan

Berita lain dengan Judul: Dirut sebut peran Petrokimia Gresik dalam proyek NPK PIM

Petrokimia Gresik juga menciptakan WMS untuk menurunkan biaya backlog dan meningkatkan proses manajemen keahlian dan kualitas penyimpanan pemuatan. Selain itu digitalisasi juga dilakukan pada pada jaringan distribusi, optimasi supply chain, operation & maintenance excellence.

"Inovasi dengan optimasi kami lakukan di beragam lini upaya perusahaan, seperti distribusi, pergudangan, maupun proses upaya lainnya," ujar Dwi Satriyo.

Berikutnya penemuan pada produk, Petrokimia Gresik mendirikan pabrik Phonska Alam, nang merupakan pabrik pupuk NPK organik pertama di Indonesia berkapasitas 10.000 ton/tahun.

Pabrik ini datang lantaran adanya kebutuhan pupuk dengan kandungan N, P dan K nang terstandard dan berbobot bagi pertanian organik di Indonesia.

Ia pun mengungkapkan salah satu kunci dari penemuan nang dijalankan Petrokimia Gresik adalah pengembangan sumber daya manusia (SDM), lantaran SDM nang unggul, bakal melahirkan banyak penemuan untuk proses upaya perusahaan nang lebih efisien dan efektif.

Menurut Dwi Satriyo, penemuan nang dijalankan perusahaan, manfaatnya juga dirasakan masyarakat sekitar melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Mitra Kebanggaan (Mangga) alias program pengembangan UMKM.

Melalui Mangga, tambahnya, Petrokimia Gresik tidak hanya memberikan support permodalan, tapi juga pembinaan dan pendampingan para pelaku UMKM dari beragam daerah.

Melalui program ini, Petrokimia Gresik tahun 2022 telah membantu 631 UMKM nang tersebar di Jawa Timur, Jawa Tengah, D.I Yogyakarta dan sekitarnya, dengan penyaluran biaya bergulir mencapai Rp41,8 miliar.

“Petrokimia Gresik melalui Program Mangga menumbuhkan jiwa entrepreneur melalui akses permodalan dan pembinaan untuk mengembangkan usahanya,” katanya.

Terkait penemuan dan kepedulian terhadap UMKM tersebut Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo dinobatkan sebagai CEO Innovative Leader dalam arena Anugerah BUMN 2023 Tahun Ke-12 di Jakarta, Kamis (16/3).

Selain itu Petrokimia Gresik juga memperoleh penghargaan sebagai Perusahaan Peduli Pengembangan UMKM" lantaran dinilai inovatif dan peduli upaya mikro, mini dan menengah (UMKM).

Berita lain dengan Judul: Petrokimia Gresik dapat tambahan pasokan gas bumi amankan produksi

Berita lain dengan Judul: Proyek mahakarya Rekind mulai alirkan gas ke Petrokimia Gresik



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close