Trending

Dirut BSI: Indonesia berpeluang jadi pelopor sektor halal global - Beritaja

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
(Indonesia juga berpeluang) mendirikan Global Halal Producer Center sebagai pusat produsen legal di seluruh dunia

Jakarta (BERITAJA) - Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) Hery Gunardi mengatakan bahwa Indonesia mempunyai kesempatan yang tinggi untuk menjadi pelopor di sektor legal dunia dengan mengimplementasikan style hidup halal.

Hal itu dapat diwujudkan melalui kerjasama yang dilakukan bank syariah tersebut berbareng pihak lokal maupun dunia dalam ekspo berskala internasional alias disebut “BSI International Expo 2024”.

“(Indonesia juga berpeluang) mendirikan Global Halal Producer Center sebagai pusat produsen legal di seluruh bumi serta meningkatkan kapabilitas ekspor produk legal berbobot ke beragam bagian dunia,” kata Hery dalam aktivitas “BSI International Expo 2024” di JCC Senayan, Jakarta, Kamis.

Hery mengatakan bahwa industri legal merupakan sektor yang potensial dan mempunyai permintaan (demand) yang cukup besar baik di Indonesia maupun secara global.

Dia menyebutkan, Indonesia berada di ranking ketiga pada The Global Islamic Economy Indicator berasas State of Global Islamic Economy Report (SGIE) 2023. Adapun capaian SGIE Indonesia pada 2023 yang paling tinggi berada pada sektor makanan halal, finansial syariah dan juga modest fashion.

Sebagai negara dengan masyarakat muslim lebih dari 85 persen, Hery memandang bahwa Indonesia tentu mempunyai kesempatan yang besar untuk menjadi pionir sektor legal di bumi serta menerapkan halal lifestyle dalam setiap aktivitas. Potensi ini, kata dia, melatarbelakangi perseroan untuk menggelar expo internasional.

Hery juga mengingatkan, kehadiran BSI merupakan salah satu corak nyata dari aspirasi pemerintah dalam upaya peningkatan ekonomi dan finansial syariah di Indonesia.

Untuk mengabadikan proses merger menjadi bank syariah terbesar di Indonesia, BSI pun menyusun milestone tersebut dalam sebuah kitab berjudul "Mega Merger in the Pandemic Era" yang membahas mulai dari potensi besar ekonomi dan finansial syariah di Indonesia hingga perusahaan yang baru lahir ini menuju global. Buku tersebut diharapkan menjadi referensi bagi industri dalam rangka memperkuat ekonomi dan finansial syariah di Tanah Air.

Sebagai informasi, gelaran expo internasional yang diselenggarakan BSI diadakan selama 20-23 Juni 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta. Selain menghadirkan pameran produk UMKM, business matching, dan seminar, BSI juga bakal meluncurkan BSI Scholarship 2024 dalam rangkaian expo internasional ini yang menargetkan pemberian danasiwa kepada 2.300 mahasiswa di 100 perguruan tinggi di Indonesia.

“Sejak 2021, BSI Scholarship sudah sukses mencetak lebih dari 5.300 anak-anak Indonesia yang berprestasi. Hal ini terus kami laksanakan sebagai corak komitmen BSI mendorong kemajuan pendidikan di Indonesia,” kata Hery.

Adapun selama International Expo, BSI menargetkan jumlah visitor sekitar 5.000 per hari dengan total 20.000 hingga 25.000 visitor selama empat hari penyelenggaraan. Adapun pencapaian transaksi ditargetkan hingga Rp1 triliun selama empat hari.

“Kami berambisi nantinya aktivitas ini dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi legal lewat literasi, inklusi dan penetrasi ekonomi legal yang terjadi di BSI International Expo,” kata Hery.

Baca juga: Kementerian BUMN komitmen wujudkan RI jadi pusat industri legal dunia
Baca juga: Sertifikat legal menjadikan Indonesia pusat industri perikanan halal
Baca juga: BI perkuat literasi dan edukasi style hidup halal


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close