Trending

Dinas Perhubungan Situbondo siapkan e-ticketing di Pelabuhan Jangkar - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Situbondo (BERITAJA.COM) - Dinas Perhubungan Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mempersiapkan aplikasi tiket elektronik (e-ticketing) untuk pelabuhan penyeberangan Jangkar ke beberapa kepulauan di Kabupaten Sumenep, Madura.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Situbondo Rikwan Sugihartono mengatakan bahwa pembelian tiket kapal motor penyeberangan (KMP) di Pelabuhan Jangkar tidak lama lagi bakal menggunakan aplikasi e-ticketing lantaran selama ini tetap manual.

"Kami sudah melakukan upaya untuk mengurai antrean pembelian tiket kapal feri di Pelabuhan Jangkar. Kami sudah siapkan e-ticketing, sehingga saat arus mudik, para calon penumpang kapal feri tidak berdempetan saat antre di loket," kata Rikwan di Situbondo, Senin.

Dia menjelaskan bahwa pemesanan alias pembelian tiket secara daring (dalam jaringan) ini sudah direncanakan sejak lama dan baru terealisasi.

Melalui pemesanan tiket secara online ini, lanjut Rikwan, diharapkan tidak ada lagi antrean panjang, dan juga termasuk tidak ada praktik percaloan tiket kapal feri.

"E-ticketing selain efektif dan efisien, tiket secara daring ini bisa menghindari praktik percaloan di pelabuhan penyeberangan Jangkar," kata dia.

Sebelumnya, pelayanan pembelian tiket kapal feri di Pelabuhan Jangkar, Situbondo, dikeluhkan calon penumpang. Loket nang sempit tidak bisa menampung calon penumpang, sehingga kudu berdesakan.

Arif, seorang calon penumpang tujuan Pulau Sapudi, menyatakan loket pembelian tiket di Pelabuhan Jangkar tidak representatif dan perlu mendapat perhatian mengingat, calon penumpang nang hendak membeli tiket kudu berebut dan berdesakan.

"Tempatnya sempit, sementara nang antre banyak. Setidaknya ada tempat duduk untuk mengantre alias diberikan nomor antrean biar tidak berdesakan. Ini ada nang main serobot jika tidak diatur," katanya.

Arif menambahkan, menjelang arus mudik Lebaran, antrean panjang pasti bakal terjadi dan ratusan calon penumpang berjubel mengantre tiket.

"Petugas di Pelabuhan Jangkar mestinya memberlakukan nomor antrean alias menyediakan tempat duduk untuk calon penumpang antre," katanya.

Berita lain dengan Judul: Sandiaga targetkan Rp150 triliun akibat ekonomi pada mudik Lebaran

Berita lain dengan Judul: PT Pelni Batam tambah satu armada kapal untuk antisipasi arus mudik



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close