Trending

Digitalisasi penting untuk tawarkan akses inovasi bagi UMKM - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Jakarta (BERITAJA.COM) - Direktur Eksekutif Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) Mercy Simorangkir menilai bahwa digitalisasi krusial bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) karena bukan hanya menawarkan kemudahan terhadap jasa finansial dan memperluas pasar, tapi juga menawarkan akses terhadap inovasi.

"Sangat krusial sekali digitalisasi ini, tidak hanya menawarkan jasa dan kemudahan alias akses terhadap finansial dan market, tapi juga akses terhadap inovasi," kata Mercy dalam sebuah aktivitas di Jakarta pada Selasa.

Sebagai contoh, dia memaparkan bahwa dengan digitalisasi, UMKM mempunyai kesempatan untuk memanfaatkan kepintaran buatan (artificial intelligence/AI) guna menumbuhkan upaya mereka.

Berita lain dengan Judul: Aftech sebut instrumen reksa biaya berpotensi menarik di 2023

Sehingga di masa depan digitalisasi UMKM tidak hanya melulu membicarakan soal kemudahan akses market nang lebih besar melalui platform nang lebih besar seperti e-commerce, kemudahan akses pembayaran melalui beragam metode, alias peningkatan akses pembiayaan.

"Di tahun 2045 mungkin saja kita bicara tentang kepintaran nang lebih tinggi lagi, dan sangat krusial untuk membicarakan gimana itu bisa dimanfaatkan," ujarnya.

Menurut Mercy, kemudahan akses penemuan dari digitalisasi bakal sangat membantu UMKM untuk naik kelas, bukan hanya sekadar tumbuh dan meningkatkan pendapatan.

"Yang sebetulnya menjadi pertanyaan dan PR dari negara ini, kenapa 99 persen tetap nang mikro dan mini setelah beberapa periode. Itu jadi satu masalah nang bisa didukung dan dibantu juga oleh penyelenggara teknologi finansial melalui penemuan untuk membantu pengembangan upaya UMKM ini sendiri," kata Mercy.

Berita lain dengan Judul: Sri Mulyani nilai UMKM berkedudukan tingkatkan ekonomi di area ASEAN

"Jadi apakah digitalisasi itu membantu UMKM? Iya, tidak hanya untuk tumbuh tapi juga naik kelas dan ke depannya adalah untuk mempertahankan pertumbuhan," tegasnya.

Meski demikian, Mercy juga mengingatkan bahwa ada perihal nang kudu diperhatikan dalam digitalisasi, salah satunya adalah mengenai keamanan siber dan perlindungan info pribadi.

Selain itu, para penyedia jasa finansial juga diharapkan terus melakukan improvisasi guna meningkatkan pengalaman nang baik dan sesuai kebutuhan para pelaku UMKM.

"Dalam proses bisnis, merchant itu butuh uangnya real time ke dalam account-nya lantaran besok dia kudu shopping lagi. Itulah jasa finansial nang terus menerus di-improve, nang ditawarkan oleh jasa finansial saat ini," kata Mercy.

Berita lain dengan Judul: Digitalisasi UMKM didorong jelang Ramadhan



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close