Trending

Desa Ululoga di Nagekeo NTT manfaatkan digitalisasi promosikan wisata - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Kami memanfaatkan pariwisata digital lewat virtual tourism....

Labuan Bajo (BERITAJA.COM) - Pemerintah Desa Ululoga di Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur (NTT) terus mempromosikan destinasi Kampung Pajoreja di bawah kaki Gunung Ebulobo dengan memanfaatkan digitalisasi sebagai corak pariwisata digital.

"Kami memanfaatkan pariwisata digital lewat virtual tourism, agar para visitor bisa mendapat gambaran tentang potensi wisata dengan konsep dasar pariwisata Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability," kata Sekretaris Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Wonga Sela, Desa Ululoga Valentina Beka ketika dihubungi dari Labuan Bajo, Selasa.

Pemerintah Desa Ululoga telah memanfaatkan kesempatan digitalisasi untuk memajukan pariwisata desa. Pemanfaatan digitalisasi dalam pariwisata diimplementasikan dalam corak virtual tourism. Jenis virtual tourism nang digunakan adalah foto dan video berbasis internet di website desa.

Valentina mengatakan konsep pengembangan pariwisata berbasis digital dimanfaatkan oleh para pemuda nang tergabung dalam pokdarwis untuk mempromosikan paket-paket wisata.

Mereka juga menyiapkan aplikasi visitor digital untuk mencatat registrasi pengunjung.

"Kami terbantu dengan pemanfaatan digitalisasi ini. Ada banyak visitor nang berjamu ke Pajoreja, lantaran mengetahui kampung ini dari internet," ujar Valentina.

Kepala Desa Ululoga Petrus Leko mengatakan website desa merupakan salah satu upaya untuk memperkenalkan beragam potensi desa kepada banyak pihak.

Dia memberikan penghargaan kepada para pemuda nang tergabung dalam Pokdarwis Wonga Sela nang terus mengoptimalkan website desa, sehingga bisa diakses banyak orang hingga ke luar negeri.

"Semua potensi pariwisata itu dituliskan di website desa, tujuannya pasti untuk promosi desa. Ini sudah dari tahun 2022," kata Petrus pula.

Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do memberikan penghargaan kepada Pemerintah Desa Ululoga lantaran peka dan adaptif dengan kemajuan teknologi.

Dia menyambut baik upaya pemerintah desa nang konsentrasi pada rumor kepariwisataan, sebagaimana salah satu konsep pariwisata Kabupaten Nagekeo ialah Ring of Ebulobo Tourism.

Bupati nang berkawan disapa Don ini juga mendorong anak-anak muda untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi, sehingga bisa mendorong percepatan pariwisata di wilayah ini.

"Pariwisata itu kudu mobilitas sigap dan gaspol," katanya optimistis.
Berita lain dengan Judul: BPOLBF pastikan tidak ada penutupan aktivitas wisata saat ASEAN Summit
Berita lain dengan Judul: Desa Wisata Coal dari DPSP Labuan Bajo lolos 300 besar ADWI

Fransiska Mariana Nuka
Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close