Trending

Delegasi ASEAN HLTF-EI 2023 tanam terumbu karang di Belitung - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Belitung (BERITAJA.COM) - Delegasi pertemuan satuan tugas (satgas) ekonomi negara-negara ASEAN alias High Level Task Force on  ASEAN Economic Integration (ASEAN HLTF-EI) 2023, melakukan penanaman terumbu karang di area perairan Pulau Burung, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sebagai upaya pelestarian ekosistem laut di wilayah itu.

Deputi Kementerian Koordinator Perekonomian Bidang Kerjasama Regional, Edi Prio Pambudi di Sijuk, Kabupaten Belitung, Sabtu, mengatakan para delegasi ASEAN HLTF-EI itu sangat senang selama mengikuti aktivitas di wilayah itu.

"Mereka sangat senang lantaran bisa berjamu dan mengikuti aktivitas rapat di tepi pantai Belitung nan indah," katanya.

Ia mengatakan setelah usai agenda pertemuan, delegasi satgas ekonomi negara ASEAN itu diajak untuk melakukan aktivitas penanaman terumbu karang, nan dilanjutkan dengan penandatanganan sejumlah nota kesepakatan dan kerja sama di Pulau Burung.

"Banyak perihal nan disepakati dari pembahasan kemarin, di antaranya kesepakatan penerapan ekonomi biru oleh negara-negara personil ASEAN," ujarnya.

Menurut dia, penanaman terumbu karang tersebut merupakan salah satu poin krusial guna menunjukkan kesungguhan Indonesia dalam menerapkan ekonomi biru.

"Kegiatan ini adalah sebagai corak kesungguhan kami dalam membangun ekonomi biru," katanya.

Head of Delegation Thailand, Chatima Iemsawasdikul, mengatakan baru pertama kali menandatangani nota kesepahaman ini dilaksanakan di tepi pantai nan Indah dan memandang proses penanaman terumbu karang.

"Ini menjadi pengalaman baru bagi kami ialah rapat dan menandatangani nota kesepakatan di tepi pantai serta memandang proses penanaman terumbu karang," ujarnya.

Ia mengpenghargaan Indonesia nan berkomitmen terhadap pelestarian alam dan ekonomi biru.

"Kami mengpenghargaan Indonesia nan penuh dengan komitmen dalam menerapkan ekonomi biru," katanya.

Setelah aktivitas penanaman terumbu karang di area perairan Pulau Burung, para delegasi diajak melakukan island hopping (berenang dan menyelam) di perairan Pulau Lengkuas.
 

Kasmono

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close