Trending

Dedi Mulyadi dampingi Mang Uprit terkait peristiwa edelweis dan trail - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Purwakarta (BERITAJA.COM) - Anggota DPR RI Dedi Mulyadi mendampingi petani berjulukan Supriatna alias Mang Uprit nan diperiksa Polres Bandung lantaran mpetunjuk-mpetunjuk setelah tanaman edelweiss rawa nan ditanamnya rusak akibat digilas rombongan pengendara motor trail.

"Mang Uprit bukan provokator, melainkan terprovokasi. Jadi saya melakukan pendampingan dalam pemeriksaan Mang Uprit, agar tetap tenang," kata Dedi, di Purwakarta, Kamis.

Mang Uprit sempat viral setelah murka lantaran tanaman edelweiss rawa nan ditanam di Ranca Upas, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, rusak akibat digilas oleh rombongan pengendara motor trail pada Minggu (5/3).

Mang Uprit dipanggil pihak kepolisian dari Polres Bandung untuk dimintai keterangannya. Diduga pemanggilan tersebut mengenai kasus perusakan lingkungan dan perusakan motor oleh beberapa orang nan juga murka terhadap panitia penyelenggara aktivitas motor trail tersebut.

Pemeriksaan polisi konsentrasi pada kerusakan lingkungan nan diakibatkan oleh aktivitas trail tersebut nan mana terjadi juga tindakan pembakaran motor oleh peserta.

“Saya sudah tanya ke pak Kasat (Kasatreskrim), titik fokusnya adalah mengumpulkan perangkat bukti perusakan lingkungan nan diakibatkan oleh aktivitas Trail Adventure nan juga terjadi peristiwa pembakaran motor oleh peserta, itu kan masuk pidana pengrusakan,” kata Dedi.

Ia mengatakan, kerusakan nan ditimbulkan dari aktivitas tersebut masuk ke ranah pidana. Sebab terjadi pengrusakan terhadap areal kembang milik orang lain dan juga Perhutani.

“Andai kata itu bukan jalur nan diberikan izin, itu bisa masuk pidana,” katanya

Atas pemanggilan ke Polres Bandung, Mang Uprit mengaku takut, lantaran saat kejadian emosi hingga mengacungkan golok. Ia takut perihal tersebut ditafsirkan sebagai pengancaman, padahal hanya luapan emosi semata.

“Sok sieun disangka provokator (suka takut disangka provokator),” kata Mang Uprit.

Dedi kemudian menenangkan Mang Uprit dengan memastikan jika apa nan dilakukan Mang Uprit bukan sebagai provokator melainkan terprovokasi. Sehingga dia dengan pendampingan tersebut Mang Uprit bisa tenang.

Berita lain dengan Judul: Menteri Siti resmikan Taman Edelwies Bromo

Berita lain dengan Judul: Penjara lima tahun bagi pemetik kembang edelweis

M.Ali Khumaini

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close