Trending

Danau Tondano-Minahasa semakin menyusut dan dangkal - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Manado (BERITAJA.COM) - Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi I menyebut Danau Tondano di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara terus mengalami penyusutan luasannya dan mendangkal.

"Itulah sebabnya program revitalisasi Danau Tondano krusial untuk dilakukan," kata Kepala BWS Sulawesi I, I Komang Sudana di Manado, Selasa.

Berita lain dengan Judul: Sedimentasi sebabkan pendangkalan di Danau Tondano, tinggal 13,5 meter

Luasan waduk penyuplai air bagi masyarakat sekitar, Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) maupun aktivitas pertanian-perikanan sekitar, menyusut dari 5.000 hektare menjadi 4.700 hektare, kata Komang.

Begitupun dengan kedalaman nang sebelumnya sekitar 30 meteran, saat ini tinggal 13,5 meter sebagaimana hasil pengukuran batimetri.

"Bila terus tersedimentasi, terurug maka luasan dan kedalamannya bakal terus berkurang, lama kelamaan bakal habis," ujar Komang.

Berita lain dengan Judul: BWSS: Revitalitasi Danau Tondano dilakukan bertahap

Karena itu menurut dia, ada upaya menarik pemisah garis sempadan waduk minimal 50 meter dari bibir waduk alias muka air tertinggi.

"Begitu ditarik (50 meter), banyak penduduk protes. Kita memasang patok sebagai corak komitmen untuk menyelamatkan waduk ini," ujarnya.

Berita lain dengan Judul: Klaim kepemilikan sempadan hambat pembangunan tanggul Danau Tondano

Artinya dengan patok ini masyarakat tidak lagi bergerak ke dalam sehingga luasan waduk tidak berkurang dan sumber air di waduk tetap terpelihara.

Tujuan lainnya dari revitalisasi Danau Tondano ini adalah melindungi sumber air dari pencemaran lantaran aktivitas masyarakat.

Berita lain dengan Judul: KPK temukan indikasi pemanfaatan lahan Danau Tondano

"Bila hanya bicara teori garis, tanpa dipasang patok, itu tidak bakal jelas. Pemasangan patok alias pemisah tersebut adalah bagian dari upaya menyelamatkan Danau Tondano," ujarnya.

Karena itu, dia berharap, upaya revitalisasi Danau Tondano ini mendapat support penuh masyarakat sekitar nang dengan tulus merelakan tanahnya untuk pengerjaan proyek ini.

Berita lain dengan Judul: Kodam XIII/Merdeka rencanakan rehabilitasi Danau Tondano
Berita lain dengan Judul: Lantamal-masyarakat bersihkan eceng gondok Danau Tondano


Tunggul Susilo
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close