Trending

Dampak banjir HST 1.340 rumah terendam dan 162 orang mengungsi - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Barabai (BERITAJA.COM) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Hulu Sungai Tengah merilis info musibah banjir nang terjadi sejak Kamis hingga Jum'at (16-17/3/2023) nang mengakibatkan sebanyak 1.340 buah rumah nang didiami oleh 4.188 jiwa turut terakibat.

"Jumlah pengungsi saat ini adalah sebanyak 162 orang," kata Kepala Pelaksana BPBD HST H Budi Hariyanto, Jum'at (17/3) di Barabai.

Ia juga menyebutkan, akibat hujan lebat dan luapan sungai di wilayah pegunungan, ada sebanyak lima Kecamatan di HST nang terakibat banjir, ialah Kecamatan Hantakan, Batu Benawa, Barabai, Pandawan dan Haruyan.

Berita lain dengan Judul: Pemkab HST dirikan dapur umum bantu korban banjir

"Dari lima kecamatan tersebut, ada 11 desa nang tetap tergenang banjir, 10 akomodasi tempat ibadah, sembilan sekolah, lima kantor, satu Puskesmas dan dua pasar umum," terangnya.

Menurut Budi, pihaknya terus berkoordinasi dengan sejumlah lembaga terkait, terutama dalam perihal mendirikan dapur umum dengan kerjasama Dinas Sosial, pemerintahan kecamatan hingga pemerintahan desa dan TNI POLRI.

"Khusus di wilayah Kota Barabai, sejak pagi tadi memang telah mengalami peningkatan debit air namun mudah-mudahan cuaca hari ini panas dan air sigap surut," terangnya.

Berita lain dengan Judul: Banjir kembali landa HST Kalsel

Ia menghimbau kepada masyarakat agar tetap mengamankan barang-barang berbobot ke tempat nang lebih tinggi dan secepatnya mengungsi kita intensitas air di rumah makin meningkat.

"Petugas kami dibantu para relawan senantiasa stanby untuk membantu penduduk nang memerlukan pertolongan dan pemindahan serta memantau perkembangan debit air," tuntasnya.

Berita lain dengan Judul: Rumah penduduk rusak dihempas banjir bandang di Malinau Loksado







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close