Chile mulai kembali usaha merancang undang-undang dasar baru - BeritAja

Sedang Trending 8 bulan yang lalu
beritaja.com

Santiago (BERITAJA.COM) - Chile memulai kembali usahanya merancang undang-undang dasar baru setelah penunjukan sekelompok mahir oleh Kongres Nasional Chile untuk mempersiapkan naskah awal konstitusi dilantik pada Senin (6/3).

Rancangan undang-undang dasar nan bakal dirumuskan kembali kali ini diperkirakan bakal lebih moderat daripada rancangan sebelumnya nan digadang-gadang menjadi salah satu konstitusi nan paling progresif andaikan disahkan.

Namun, rancangan undang-undang dasar tersebut ditolak para pemilih pada referendum September lalu.

Ahli-ahli tersebut bakal bekerja selama tiga bulan membahas 12 landasan kelembagaan untuk konstitusi baru nan telah disepakati parlemen negara tersebut akhir tahun lalu.

Pengacara Veronica Undurraga nan ditunjuk partai PPD nan berpatokan kiri-tengah untuk bekerja di komisi mahir tersebut, terpilih sebagai ketuanya.

Selain komisi mahir tersebut, sebuah komite beranggotakan 14 orang nan bakal memeriksa kepantasan teknis naskah konstitusi tersebut juga mulai bekerja pada Senin sebagai pengawas.

Setelah penyusunannya rampung, rancangan awal konstitusi tersebut bakal diserahkan kepada sebuah majelis konstituante nan ke-50 anggotanya bakal dipilih pada pemilu Mei nanti.

Majelis konstituante tersebut bakal mulai membahas naskah awal nan dirancang para mahir pada Juni, dan rakyat Chile bakal mempunyai kesempatan untuk menyatakan support alias penolakan pada naskah usulan akhir konstitusi baru dalam referendum pada 17 Desember tahun ini.

"Setelah kegagalan upaya perancangan (konstitusi baru) pada 2021-2022 kemarin, tampaknya banget mungkin para pemilih bakal memilih moderasi dalam pemilu majelis konstituante Mei nanti, dan pada referendum selanjutnya," sebagaimana pernyataan firma konsultansi Teneo.

Apabila semua melangkah sesuai rencana, Chile bakal mempunyai undang-undang dasar baru pada akhir tahun ini, menurut firma tersebut.

Konstitusi Chile nan bertindak sekarang disahkan tahun 1980 pada masa kediktatoran Presiden Augusto Pinochet dan telah diamendemen beberapa kali.

Sumber: Reuters

Berita lain dengan Judul: Pengusaha RI teken perjanjian jual beli senilai 5,8 juta dolar AS dari Chile

Berita lain dengan Judul: Xi sebut China siap bekerja sama dengan Chile demi kemitraan strategis

:

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di Google News




Ikuti Media Sosial Kami
Affiliate: Life Health / Inforia / Blogkoopedia
close