Trending

Cerita di balik PON I 1948 dan daftar cabang olahraga yang dilombakan - Beritaja

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta (BERITAJA) - Pekan Olahraga Nasional (PON) jenis ke-21 di Aceh dan Sumatra Utara akan digelar pada  8 hingga 20 September 2024 dengan mempertandingkan 67 bagian olahraga, meliputi 33 di Aceh dan 34 di Sumut.

Sebelum menikmati deretan pertandingan di PON XXI di Aceh-Sumut, terdapat cerita menarik di kembali penyelenggaraan pesta olahraga nasional yang pertama kali diadakan pada 1948. Berikut adalah kebenaran menarik mengenai Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama

Sejpetunjuk PON

PON pertama kali diadakan pada 9-12 September 1948 di Solo di mana Sri Sultan Hamengku Buwono IX sebagai ketua penyelenggara didampingi oleh P. Soejohamidjojo selaku ketua pelaksana di Solo.

Ide pembentukan pesta olahraga ini sebenarnya bermulai dari kegagalan Indonesia untuk berperan-serta di Olimpiade London karena tiga alasan.

Pertama, Indonesia saat itu tidak terdaftar sebagai personil Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Kedua, Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) sebagai induk seluruh bagian olahraga di Indonesia belum terdaftar sebagai personil resmi International Olympic Commitee (IOC).

Ketiga, Inggris menolak paspor Indonesia lantaran Inggris belum mengakui kemerdekaan Indonesia pada saat itu. Selain itu, penyelenggara juga tak menerima atlet-atlet Indonesia yang memakai paspor Belanda untuk berperan-serta di London.

Karena hal-hal tersebut tercetuslah buahpikiran untuk mengadakan Pekan Olahraga Nasional (PON) oleh PORI yang menggelar konferensi darurat pada 1 Mei 1948 di Solo.

Cabang olahraga PON I

Diadakan di Solo, Jawa Tengah pada tahun 1948 PON pertama diikuti oleh sekitar 600 atlet dari 13 wilayah dengan bagian olahraga yang dipertandingkan saat itu meliputi:

1. Atletik
Atletik menjadi salah satu bagian olahraga yang dilombakan di PON I. Cabang ini mencakup beragam disiplin seperti lari, lompat, dan lempar.

2. bola basket:
Bola basket merupakan salah satu bagian olahraga yang dipertandingkan dan menarik banyak fans pada PON I.

3. Voli
Voli menjadi bagian dari kejuaraan dan mendapatkan antusiasme besar dari masyarakat.

4. Bulutangkis:
Bulutangkis, yang sekarang menjadi salah satu olahraga paling terkenal di Indonesia, juga dipertandingkan di PON I.

5. Panahan
Panahan adalah salah satu bagian yang cukup menarik perhatian pada PON I.

6. Pencak silat
Bela diri tradisional yang berasal dari Indonesia ini juga dipertandingkan di PON I

7. Renang
Cabang olahraga renang juga menjadi bagian dari kejuaraan di PON I, dengan beragam nomor perlombaan seperti style bebas, style punggung, dan style kupu-kupu.

8. Sepak bola
Sepak bola adalah salah satu bagian olahraga yang paling diminati hingga saat ini, dan pada PON I, bagian ini mendapatkan perhatian besar dari para penonton.

9. Tenis
Tenis juga termasuk dalam daftar bagian olahraga yang dilombakan di PON I, dengan nomor pertandingan tunggal dan ganda.

Itulah fakta-fakta menarik mengenai awal mula terbentuknya arena PON. Kesuksesan penyelenggaraan PON I tidak hanya memberikan kebanggaan tersendiri bagi Indonesia, tetapi juga membangkitkan semangat untuk menyelenggarakan PON secara berkala setiap empat tahun sekali hingga saat ini.

Baca juga: Provinsi peraih juara umum PON terbanyak

Baca juga: PB PON Sumut siapkan program City Beautification jelang PON 2024

Baca juga: Pekan Olahraga Nasional PON, sejpetunjuk dan perkembangannya

Allisa Luthfia
Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close