Trending

Capaian nilai indeks SPI 2022 Kota Madiun tercatat terbaik nasional - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Madiun (BERITAJA.COM) - Capaian indeks Survei Penilaian Integritas (SPI) tahun 2022 untuk Kota Madiun, Jawa Timur, tercatat terbaik secara nasional untuk kategori kota dengan nilai nomor 83,00.

"Ini jika misal sekolah, (nilainya) sudah A semua. Di wilayah Bakorwil I plus nilainya bagus-bagus semua," ujar Kepala Satgas Koordinasi Supervisi Pencegahan Korupsi (Korsupgah) Wilayah III KPK RI Uding Juharudin dalam aktivitas sosialisasi program pencegahan korupsi di Gedung GCIO Diskominfo Kota Madiun, Selasa.

Ia menjelaskan jika SPI itu seperti medical check-up kalau di bumi medis. Artinya, perihal itu merupakan tolak ukur suatu lembaga alias pemerintahan dalam kondisi sehat alias bersih dari korupsi.

"Kita bisa saja bilang jika tubuh kita sehat, tetapi untuk pembuktiannya kudu melalui medical check-up. Nah, SPI juga begitu. Artinya, ini merupakan tolak ukur suatu lembaga alias pemerintahan sehat alias bersih dari korupsi alias tidak," katanya.

Selain SPI, dalam sosialisasi tersebut Uding Juharudin juga memperlihatkan hasil nilai "Monitoring Centre for Prevention" (MCP) Kota Madiun tahun 2022 nang juga cukup tinggi ialah mencapai 94,38.

Pihaknya memberikan penghargaan. Bukan hanya untuk Kota Madiun, tetapi juga untuk daerah-daerah di Bakorwil I plus. Sebab, hasil MCP dan SPI daerah-daerah tersebut sudah cukup bagus.

Adapun, MCP merupakan sebuah aplikasi alias dashboard nang dikembangkan oleh KPK untuk melakukan pemantauan capaian keahlian program pencegahan korupsi. Caranya melalui perbaikan tata kelola pemerintahan nang dilaksanakan pemerintah wilayah di seluruh Indonesia.

Ini wajib bagi kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah. Setidaknya ada delapan konsentrasi areal intervensi. Yakni, perencanaan dan penganggaran APBD, pengadaan peralatan dan jasa, perizinan, penguatan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), manajemen ASN, optimasi pajak daerah, manajemen aset daerah, dan tata kelola finansial desa.

Dia menambahkan sosialisasi tersebut sekaligus tindak lanjut dari Rapat Koordinasi (Rakor) Pemberantasan Korupsi Pemerintah Daerah serta peluncuran parameter Monitoring Center for Prevention (MCP) Tahun 2023 beberapa waktu lalu. Para kepala wilayah juga mengikuti secara virtual.

Pihaknya menilai untuk mewujudkan masyarakat nang sejahtera, pemerintah kudu baik dulu. Pemerintah kudu antikorupsi.

Louis Rika Stevani

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close