Trending

Calon DPD RI peraih suara terbanyak tanggapi putusan MK terkait PSU - Beritaja

Sedang Trending 4 hari yang lalu

Padang (BERITAJA) - Calon personil DPD RI wilayah pemilihan Sumatra Barat (Sumbar) dengan perolehan suara terbanyak ialah 465.958 Cerint Iralloza Tasya turut menanggapi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memerintahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan pemungutan suara ulang (PSU) di Ranah Minang.

"Sebagai penduduk negara, saya bakal mengikuti yang diperintahkan MK lantaran berkarakter final dan mengikat," kata calon personil DPD RI wilayah pemilihan Provinsi Sumbar Cerint Iralloza Tasya di Padang, Rabu.

Sebagai calon personil DPD RI dengan perolehan suara tertinggi dari calon lainnya, master muda tersebut mengaku tetap optimistis menghadapi PSU yang segera dilaksanakan.

"Saya optimismampu mengambil kepercayaan masyarakat saat PSU dilakukan," kata dia.

Terkait amar putusan MK yang menyatakan proses PSU tanpa adanya kampanye, Cerint mengaku tidak terlalu mempermasalahkan perihal tersebut. Kendati demikian, pihaknya bakal mengintensifkan komunikasi dengan family hingga konstituen yang memilihnya pada 14 Februari 2024.

Ia optimistis PSU calon personil DPD RI tidak bakal menggerus kepercayaan publik terhadap dirinya. Lewat penyampaian info dan komunikasi yang baik oleh KPU maupun calon kepada masyarakat, politisi muda itu menyakini konstituen tetap memilihnya.

"Jadi krusial bagi KPU untuk menyampaikan PSU kepada masyarakat, karena yang menjadi perhatian dan kekhawatiran saat ini adalah menurunnya persentase masyarakat ke TPS," ujarnya.

Selain terselip kecewa atas putusan MK, calon DPD yang saat ini juga sedang melaksanakan co-assitant (koas) di salah satu rumah sakit swasta di Kota Padang tersebut, mengaku perihal itu berakibat kerugian tersendiri.

"Pasti ada kerugian yang kita rasakan. Sebab, bagaimanapun hasil di tingkat nasional yang telah disampaikan kemarin, Cerint salah satu dari empat yang terpilih mewakili Sumbar," ujarnya.

Terakhir, dengan diikutsertakannya Irman Gusman sebagai calon DPD yang juga politisi senior sekaligus Ketua DPD RI periode 2009-2016, pihaknya mengaku sama sekali tidak khawatir.

"Saya percaya diri dan tidak cemas sedikitpun lantaran saya menyakini setiap kita mempunyai pemilih dengan karakter yang berbeda," ujarnya optimistis.

Tambahan informasi, Irman Gusman merupakan calon personil DPD peserta Pemilu 2024 dari Provinsi Sumbar yang ditetapkan dengan Keputusan KPU Nomor 1042 Tahun 2023 tentang daftar calon sementara (DCS) personil DPD nomor urut 7.

Namun KPU mengubah pendiriannya dengan menetapkan pemohon tidak memenuhi syarat dengan argumen adanya laporan masyarakat. Sayangnya, penetapan itu tidak dilakukan sesuai dengan Pasal 263 Ayat (2) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 dan Pasal 180 PKPU 10 Tahun 2022.


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close