Trending

Cak Imin apresiasi Bapanas cabut SE harga batas pembelian gabah-beras - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Jakarta (BERITAJA.COM) - Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar mengpenghargaan langkah Badan Pangan Nasional (Bapanas) nan mencabut Surat Edaran (SE) Kepala Badan Pangan Nasional Nomor 47/TS.03.03/K/02/2023 tentang Harga Batas atas Pembelian Gabah alias Beras.

"Tentu, saya mengpenghargaan surat info soal nilai pemisah atas gabah dan beras itu dicabut lantaran memang kurang sesuai dengan angan petani," kata Cak Imin, sapaan karib Muhaimin Iskandar dalam keterangan tertulis nan diterima di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, Bapanas semestinya menampung aspirasi para petani nan menginginkan nilai gabah dan beras nan lebih ideal, ialah pada nilai Rp5.600 per kilogram.

"Petani kan mintanya nilai gabah itu minimal Rp5.600 per kilo, tapi nan disahkan dalam surat info itu beda jauh. Jadi, wajar jika petani menjerit. Nah, saya minta selanjutnya Bapanas mengakomodasi aspirasi petani ini, bukan hanya aspirasi pengusaha penggilingan," ucapnya.

Berita lain dengan Judul: Tak dinikmati petani, pemerintah perlu pertimbangan kebijakan nilai beras

Berita lain dengan Judul: Bulog Jatim pastikan nilai beras medium di bawah HET

Ke depannya, Cak Imin berambisi petani lebih mendapatkan perhatian dari Pemerintah, terutama dalam perihal ini Bapanas agar kesejahteraan mereka dapat menjadi semakin baik.

"Jadi, sekali lagi saya penghargaan Bapanas mencabut surat info itu dan saya minta negara betul-betul datang untuk petani lantaran keringat dan jerih payah mereka itu nan nyata manfaatnya untuk bangsa ini," ujarnya.

Sebelumnya, Bapanas mencabut kebijakan pemisah atas alias nilai satuan tertinggi (HET) gabah dan beras nan telah disepakati pada akhir Februari 2023.

Atas pencabutan kebijakan tersebut, Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengeluarkan Surat info bernomor 60/TS.03.03/K/03/2023 tentang Pencabutan Harga Batas atas Pembelian Gabah alias Beras.

Ia lampau mengirimkan surat info tersebut kepada pelaku upaya penggilingan padi dan Direktur Utama Perum Bulog pada Selasa (7/3).

"Kami sampaikan bahwa Surat Edaran Kepala Badan Pangan Nasional Nomor : 47/TS.03.03/K/02/2023 tanggal 20 Februari 2023 tentang Harga Batas atas Pembelian Gabah alias Beras dinyatakan dicabut dan tidak bertindak lagi," tulis Arief dalam arsip tersebut.



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close