Trending

Bupati akui adanya kolam retensi hentikan banjir secara drastis - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Bandung (BERITAJA.COM) -

Bupati Bandung Dadang Supriatna mengaku adanya sejumlah kolam retensi di area Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, menghilangkan banjir secara drastis di wilayah tersebut.

"Mudah-mudahan dengan peresmian ini memberikan akibat nan lebih bagus lagi," kata Dadang di Kolam Retensi Andir, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu.
 

Selama pemerintahan Presiden Joko Widodo, menurutnya ada sejumlah kolam retensi nan telah dibangun di antaranya Kolam Retensi Andir dan Kolam Retensi Cienteung. Adapun kedua prasarana itu diresmikan oleh Joko Widodo pada hari Minggu ini.

Di sisi lain, dia pun mengaku telah menyampaikan ke Presiden secara langsung mengenai titik-titik nan tetap kerap tergenang banjir di Kabupaten Bandung. Karena dia pun tak menampik bahwa banjir tetap berpotensi menggenangi beberapa titik.

Untuk itu, dia pun mengusulkan ke Presiden guna membangun lagi waduk alias kolam retensi di area Tegalluar, Kabupaten Bandung. Di area Transit Oriented Development (TOD) itu mempunyai luas sekitar 3.500 hektare nan bisa dibangun lima titik danau.

"Dan Presiden bakal meresponnya, secara surat resminya bakal kita kirimkan," kata Dadang.

Dia menilai dengan dibangunnya beberapa kolam retensi lainnya itu bisa menghilangkan secara maksimal banjir di Kabupaten Bandung.

Adapun di wilayah Kabupaten Bandung, biasanya banjir ppetunjuk terjadi wilayah Baleendah, Dayeuhkolot, dan Bojongsoang.

Selain mengakibatkan masyarakat mengungsi, banjir itu juga biasanya membikin akses masyarakat dari Kabupaten Bandung menuju ke Kota Bandung kerap terhambat.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meresmikan empat prasarana nan ada di wilayah Kabupaten Bandung dan Kota Bandung. Di antaranya ialah Floodway Cisangkuy, Kolam Retensi Andir, Kolam Retensi Andir, dan Fly Over Kopo.

"Totalnya nan telah dibangun oleh pemerintah pusat, di Kota Bandung dan di Kabupaten Bandung sebesar Rp1,26 triliun," kata Jokowi saat peresmian, Minggu.



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close