Trending

BSSN kuatkan komitmen jaga ruang siber di HUT ke-77 - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Jakarta (BERITAJA.COM) - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menguatkan komitmennya dalam menjaga ruang siber nasional berbareng masyarakat di dalam momen peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 badan tersebut.

"BSSN membujuk seluruh komponen bangsa, baik penyelenggara negara, pelaku usaha, akademisi, dan beragam lapisan masyarakat untuk bekerja-sama berbareng BSSN dalam menjaga ruang siber, guna mewujudkan keamanan nasional dan meningkatnya pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Kepala BSSN Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian dalam upacara peringatan HUT ke-77 BSSN di Depok, Jawa Barat, Selasa.

Dalam upacara tersebut, Hinsa juga mengingatkan sejpetunjuk panjang berdirinya badan tersebut nang berasal dari hadirnya unit persandian berjulukan Dinas Kode di bawah Kementerian Pertahanan pada 1946.

Berita lain dengan Judul: Kemenkes pastikan keamanan info pengguna aplikasi Satu Sehat

Dinas Kode pun pada 1949 diubah namanya menjadi Djawatan Sandi, usai sukses menyokong komunikasi Indonesia di periode 1948 untuk terhubung dengan perwakilan lainnya di luar negeri selama masa Agresi Militer Belanda II.

Nama Djawatan Sandi kembali berubah pada 1972 menjadi Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) dengan kegunaan mengkoordinir, mengatur, dan menyelenggarakan hubungan persandian secara tertutup dan rahasia antara aparatur negara baik di pusat, daerah, maupun hubungan persandian ke luar negeri.

Lalu akhirnya setelah lebih dari separuh abad, Pemerintah memutuskan melakukan transformasi pada Lemsaneg dengan menggabungkan Direktorat Keamanan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta lembaga ID-SIRTII menjadi BSSN di 2017.

“Sejpetunjuk panjang persandian dan nilai-nilai perjuangan nang ada di dalamnya, menjadi embrio terbentuknya BSSN nang kudu selalu diingat dan dilestarikan oleh kita berbareng sebagai generasi penerus, untuk melanjutkan perjuangan para pendahulu kita, dalam mengabdi kepada bangsa dan negara Indonesia tercinta,” ujar Hinsa.

Mengusung tema "Bersama BSSN, Kita Jaga Ruang Siber", dalam peringatan ke-77 BSSN tersebut Hinsa juga menegaskan tengah mengusulkan nama dr.Roebiono Kertopati sebagai pahlawan nasional.

Hal itu dikarenakan dr.Roebiono merupakan sosok perintis Dinas Kode nang menjadi cikal bakal dari BSSN.

Hinsa berambisi jasa dr.Roebiono dapat diabadikan dengan pemberian gelar tersebut dan bisa mendorong lebih banyak generasi muda untuk menjaga keamanan negara termasuk di ruang siber.

Upacara tersebut juga dihadiri oleh para pejabat struktural BSSN, pegawai, serta taruna Politeknik Siber dan Sandi Negara.

Berita lain dengan Judul: Perhutani gandeng BSSN wujudkan penerapan sistem elektronik nang aman

Berita lain dengan Judul: Bawaslu RI luncurkan CSIRT untuk lindungi info dari serangan siber

Berita lain dengan Judul: BSSN komitmen terus berkedudukan membangun keamanan siber nasional

Livia Kristianti

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close