Trending

BSKDN pacu OPD lakukan transformasi kinerja berbasis riset dan inovasi - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Kami mempunyai tiga indeks nang sudah berjalan, ialah indeks penemuan wilayah (IID), indeks pengelolaan finansial wilayah (IPKD), dan indeks kepemimpinan kepala wilayah (IKKD)

Jakarta (BERITAJA.COM) -

Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri mendorong organisasi pemerintah wilayah (OPD), terutama di Provinsi Jawa Timur, melakukan transformasi keahlian berbasis riset dan penemuan guna menjawab tantangan dalam penyelenggaraan pemerintahan wilayah nang baik.

"Untuk menjawab tantangan ke depan, OPD kudu kuat di dalam risetnya. Semua diputuskan based on research (berdasarkan penelitian). Setiap OPD sudah kudu beralih bentuk dalam kinerja-nya," kata Sekretaris BSKDN Kurniasih, sebagaimana dikutip dari siaran pers nang diterima di Jakarta, Jumat.

Ia menambahkan riset dan penemuan dapat menjadi bekal bagi OPD untuk meningkatkan keahlian mereka agar lebih efektif dan berakibat terhadap pembangunan di daerah.

Lebih lanjut, Kurniasih menyampaikan BSKDN berkedudukan membina dan mengawasi pemerintah daerah. Selain itu, mereka juga berkedudukan memantau sekaligus mengevaluasi strategi kebijakan pusat dan wilayah melalui pemberian fasilitas, asistensi, penguatan inovasi, digitalisasi dan penilaian kelembagaan, serta penguatan penyelenggaraan strategi kebijakan.

Kurniasih lampau menambahkan BSKDN mempunyai tiga indeks untuk mendorong penyelenggaraan pemerintah wilayah nang lebih baik

"Kami mempunyai tiga indeks nang sudah berjalan, ialah indeks penemuan wilayah (IID), indeks pengelolaan finansial wilayah (IPKD), dan indeks kepemimpinan kepala wilayah (IKKD)," ujarnya.

Dalam kesempatan nang sama, Kurniasih menyampaikan penghargaan capaian IID Provinsi Jawa Timur nang semakin tinggi dari tahun ke tahun.

Berdasarkan pelaporan IID 2022, kata dia, Provinsi Jawa Timur mengalami peningkatan pada jumlah laporan penemuan wilayah nang masuk dalam sistem serta peningkatan skor dan peringatan. Berikutnya, peningkatan lainnya juga terlihat pada sebaran penemuan wilayah nang kian merata di tiap OPD
 

Dengan demikian, lanjut Kurniasih, Provinsi Jawa Timur dapat memperoleh predikat sebagai wilayah sangat inovatif pada gelaran Innovative Government Award (IGA) selama periode 2018-2022.

"IGA Ini merupakan arena penghargaan nang rutin dilaksanakan BSKDN Kemendagri setiap tahunnya untuk memberikan penghargaan pada wilayah terinovatif. Bagi wilayah nang mendapatkan predikat terinovatif, bakal memperoleh biaya insentif daerah," ucapnya.



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close