Trending

BRI Curup berikan dana talangan kepada petani di Rejang Lebong - Beritaja

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
Targetnya ke depan minimal ada satu BUMDes

Rejang Lebong, Bengkulu (BERITAJA) - Manajemen PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Curup yang membawahi tiga kabupaten di Provinsi Bengkulu, memberikan biaya talangan kepada petani yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

"Kita baru mengadakan kerja sama dengan BUMDes Wahana Tirta Jaya Desa Sumber Rejo Transad, Kecamatan Bermani Ulu, Kabupaten Rejang Lebong dengan memberikan fasilitas-fasilitas kepada petani di situ dalam corak biaya talangan," kata Pimpinan Cabang BRI Curup M Ismail Fahmi di Rejang Lebong, Kamis.

Dia menjelaskan, pemberian biaya talangan untuk petani tersebut dilakukan saat petani menunggu masa panen kopi yang memerlukan biaya sigap dengan kembang sangat rendah.

"Dana talangan pada hari itu saja kita kucurkan sudah Rp100 jutaan. Dalam program ini petanimampu memanfaatkannya seperti untuk menunggu musim panen kopi selama dua minggu dan paling lama satu bulan, untuk biaya talangan Rp1 juta bunganya tidak sampai Rp50 ribu," terangnya.

Baca juga: AGRI komitmen beri biaya talangan petani tebu
Baca juga: Indef: Pemda perlu ada talangan biaya jaga stabilisasi pangan

Dana talangan itu sendiri, kata dia, diberikan setelah ketua golongan alias BUMDes setempat memberikan rekomendasi alias refferal, dan selanjutnya biaya dicairkan kepada petani dan membayarkannya kepada ketua golongan alias BUMDes.

Menurut dia, kerja sama BRI dengan BUMDes Wahana Tirta Jaya Desa Sumber Rejo Transad, Kecamatan Bermani Ulu itu dilakukan untuk membantu penduduk setempat dan terbentuk ekosistem desa berbasis digital, lantaran upaya BUMDes nya adalah pengelolaan air bersih di wilayah itu.

"Karena BUMDes nya adalah penyediaan jasa air minum, maka ketika pengurus itu mau mencetak tagihanmampu menggunakan aplikasi stroberi kasir, jadi ketika orang bayar maka bakal ter-update diaplikasi dan catatan billing pun ada diaplikasi itu," jelas dia.

Sejauh ini dari tiga kabupaten yang dilayani BRI Cabang Curup ialah Kabupaten Rejang Lebong, Kepahiang dan Lebong yang sudah mempunyai ekosistem desa ini baru ada di Desa Sumber Rejo Transad Kabupaten Rejang Lebong.

"Untuk sekarang baru di Desa Sumber Rejo Transad, ini merupakan percontohan. Targetnya ke depan minimal ada satu BUMDes, maupun golongan tani di setiap kabupaten kita corak ekosistem," demikian M Ismail Fahmi.

Baca juga: BRI luncurkan Pinang Paylater bantu Agen BRILink dapat akomodasi dana
Baca juga: Garuda Indonesia minta biaya talangan sorong kelangsungan maskapai


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close