Trending

Brasil umumkan percontohan uang digital, manfaatkan layanan keuangan - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Lingkungan ini mengurangi biaya dan membawa kemungkinan inklusi finansial bagi masyarakat. ....

Brasilia (BERITAJA.COM) - Bank sentral Brasil mengumumkan dimulainya proyek percontohan mata duit digital pada Senin (6/3/2023), nan bermaksud untuk mereplikasi keberhasilan sistem pembayaran instan Pix untuk mempopulerkan jasa finansial di negara tersebut.

Menurut Fabio Araujo, koordinator inisiatif di bank tersebut, penggunaan publik mata duit digital bakal dimulai pada akhir 2024, setelah selesainya fase pengetesan - nan bakal mencakup pembelian dan penjualan obligasi publik federal antarindividu - dan evaluasi selanjutnya.

Araujo mengatakan "real digital" bakal dibangun sebagai perangkat pembayaran nan dijalankan pada teknologi kitab besar terdistribusi (DLT), untuk mendukung penyediaan jasa finansial ritel nan diselesaikan melalui setoran token di lembaga finansial dan sistem pembayaran di Brasil.

Berita lain dengan Judul: TCL China dan SEMP Brasil bidik kerja sama lebih erat

"Lingkungan ini mengurangi biaya dan membawa kemungkinan inklusi finansial bagi masyarakat. Anda mempunyai jasa nan sangat mahal untuk dilakukan, seperti operasi repo, nan saat ini hanya untuk bank, tetapi dapat dilakukan oleh siapa saja dengan teknologi berbasis mata duit digital,” katanya.

"Ini dapat mengurangi biaya kredit, biaya untuk meningkatkan untung atas investasi. Ada potensi besar bagi penyedia jasa baru, tekfin, mendemokratisasikan akses ke pasar dan menawarkan jasa baru."

Araujo menekankan bahwa konsep mata duit digital bank sentral Brasil (CBDC) tidak dimaksudkan untuk memanfaatkan pembayaran digital, lantaran ini sudah dilakukan dalam skala besar dengan Pix, nan diluncurkan pada akhir 2021 dan telah diadopsi secara luas di Brasil.

Simpanan-simpanan bank bakal terus ada di dalam CBDC Brasil, hanya didaftarkan di lingkungan nan lebih modern, nan berfaedah bahwa lembaga-lembaga finansial tidak bakal kehilangan sumber biaya ini untuk menghasilkan kredit.

"Bank sangat tertarik dengan bumi tokenisasi baru ini, dalam setiap percakapan kami, mereka menunjukkan banyak minat," kata Araujo.

:

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close