Trending

BPIP masifkan sosialisasi Pancasila untuk generasi muda - Beritaja

Sedang Trending 4 hari yang lalu
Salah satunya melalui media sosial, seperti Tiktok dan Instagram

Jakarta (BERITAJA) - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi menyatakan lembaganya terus memasifkan sosialisasi Pancasila untuk generasi muda.

"Salah satunya melalui media sosial, seperti Tiktok dan Instagram," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Dia menjelaskan perihal itu sesuai dengan pengpetunjukan presiden, saat pelantikannya sebagai Kepala BPIP tahun 2022 lalu. Sosialisasi Pancasila dilakukan ke setiap lini kehidupan, termasuk generasi muda,

Lanjut dia, generasi muda mempunyai kepiawaian dalam bermedia sosial dan membikin konten. Sehingga, sangat krusial Ideologi Pancasila mesti masuk ke generasi milenial, Gen Z dan alfa.

"Sangat krusial menggandeng content creator, youtuber, influencer, dan tiktoker dalam membumikan dan mengarusutamakan nilai-nilai luhur Pancasila sesuai dengan caranya yang kekinian," jelasnya.

Penegasan itu disampaikan Yudian dalam rapat kerja berbareng Komisi II DPR, mengenai pertimbangan penyelenggaraan program dan aktivitas anggaran Tahun 2023, rencana kerja pemerintah dalam struktur anggaran tahun 2024, dan pembahasan RAPBN tahun anggaran 2025.

Yudian menjelaskan capaian strategis BPIP pada tahun 2023, meliputi aktivitas tindakan Pancasila dan gotong royong melawan stunting, sosialisasi Pancasila berbareng DPR RI pada 54 Lokus, penganugerahan ikon prestasi Pancasila Tahun 2023, pengkajian dan penyelarasan peraturan perundang-undangan selaras dengan nilai-nilai Pancasila.

Baca juga: BPIP usulkan tambahan anggaran Rp100 miliar untuk tahun 2025

Baca juga: BPIP: Bendera pusaka bakal dikirab dari Jakarta ke IKN

Baca juga: BPIP: Peserta upacara HUT RI di IKN dibatasi, hanya tamu undangan

Penyusunan dan peluncuran kitab teks utama Pancasila jenjang pendidikan dasar dan menengah PAUD sampai SMA, sertifikasi bagi pengajar/ penceramah pendidikan dan training PIP, pembinaan ideologi Pancasila melalui training pelaksana nasional (PEN) kepada K/ L dan pemerintah wilayah kerjasama BPIP-LAN-MENPAN-ANRI.

Pembinaan ideologi Pancasila kepada generasi muda melalui Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023.

Sementara itu, pada tahun 2024, aktivitas strategis ialah melaksanakan sosialisasi nilai-nilai Pancasila dengan melibatkan Lembaga tinggi negara, personil legislatif, kementerian/ lembaga dan perangkat daerah.

"BPIP konsisten melaksanakan monitoring, pertimbangan dan sosialisasi Buku Teks Utama Pendidikan Pancasila jenjang pendidikan dasar dan menengah ke beragam wilayah untuk memastikan kitab tersebut telah digunakan di satuan pendidikan," katanya menegaskan.

Lanjut dia, BPIP juga melakukan penyelarasan dan pengharmonisan parameter nilai-nilai Pancasila terhadap rancangan peraturan-peraturan, bekerja sama dengan Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah. Saat ini, penyempurnaan petunjuk kebijakan, peta jalan PIP tengah dikebut. Selain itu, diklat Pembinaan Ideologi Pancasila selalu diselenggarakan bagi seluruh komponen masyarakat.


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close