Trending

BPBD Sitaro ajak masyarakat patuhi radius bahaya Gunung Karangetang - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Manado (BERITAJA.COM) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara membujuk masyarakat tetap mematuhi radius ancaman Gunung Karangetang di Pulau Siau.

"Kami terus membujuk masyarakat nang tinggal di lereng Gunung Karangetang agar tetap waspada dan mematuhi radius ancaman nang direkomendasikan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi," ajak Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sitaro, Sonny Belseran di Manado, Senin.

Dia mengatakan, kondisi aktivitas vulkanik Gunung Karangetang setelah erupsi pada 8 Februari 2023 lampau berangsur-angsur menurun sebagaimana info dari Pos Pengamatan Gunung Api Karangetang alias PVMBG.

Meskipun menandakan mulai terjadi penurunan aktivitas vulkanik, namun PVMBG tetap menetapkan status siaga level III untuk gunung api tersebut.

"Masih siaga statusnya. Karena itu kami terus membujuk masyarakat agar tetap waspada dan tidak mematuhi radius ancaman Gunung Karangetang seperti nang direkomendasikan," ujarnya.

Dia menambahkan, setelah menurunnya aktivitas vulkanik salah satu gunung api aktif di Sulut tersebut, dari koordinasi pemkab dengan personel Pos Pengamatan Gunung Api Karangetang telah menyetujui dipulangkannya penduduk Kelurahan Bebali nang sebelumnya diungsikan ke Museum Ulu akibat erupsi.

"Ya, mereka sudah dipulangkan pada Sabtu (1/4) akhir pekan lalu. Itu (dipulangkannya pengungsi) lantaran kondisi aktivitas gunung sudah mulai menurun," ujarnya.

Warga Sitaro nang diungsikan ke Museum Ulu Siau Kelurahan Tarorane tersebut berasal dari Kelurahan Bebali Lindongan II (Kulu) sebanyak empat kepala keluarga, sementara di Lindongan III (Kola-Kola) lebih banyak ialah 24 kepala keluarga.

Sebanyak 28 KK nang diungsikan ialah laki-laki (39 jiwa) dan wanita (38 jiwa) terdiri dari balita (lima jiwa), anak-anak (tujuh jiwa), dewasa (45 jiwa) dan lansia (20 jiwa).

Sementara penduduk nang mengungsi dan tinggal di rumah family sebanyak 17 jiwa.

Berita lain dengan Judul: Gunung Karangetang di Sulawesi Utara naik status ke level siaga
Berita lain dengan Judul: Status Siaga Tiga di tiga gunung berapi Sulut



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close