Trending

Bobotoh, asal-usul dan perkembangannya - Beritaja

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta (BERITAJA) - Bobotoh, itu lah julukan pendukung Persib Bandung, lampau gimana asal-usul nama itu yang mungkin tidak banyak orang tahu.

Bobotoh, dalam bahasa Sunda berfaedah "orang yang menghidupkan semangat kepada orang yang hendak 'bertarung' dalam perihal apa pun". Jelas bahwa itu juga berfaedah suporter.

Makna itu sangat cocok dengan peran suporter Persib Bandung, yang tidak pernah berakhir mendukung klub sepak bola ini. Menang maupun kalah, Persib merupakan kecintaan Bobotoh.

Jauh dari masa kini, pendukung klub bola asal Bandung ini nyatanya sudah ada sejak Pesib tetap berjulukan BIVB ketika masa kolonial Belanda.

Baca juga: Daftar pemain dan pembimbing Persib saat ini

Selain sebagai tim sepak bola, BIVB merupakan golongan perlawanan nasionalis ketika masa penjajahan. Saat itu, sekelompok pendukung tim sepak bola ini berjulukan Balakurawa. Mereka selalu datang ke Lapangan Tegalega untuk mendukung BIVB.

Lambat laun, tim BIVB kehilangan ketenarannya. Sehingga, dibentuk kembali klub sepak bola baru ialah Persatuan Sepakbola Indonesia Bandung (PSIB) yang tidak lama kemudian berasosiasi berbareng National Voetbal Bond (NVB) dan mengganti nama menjadi Persib.

Pada beberapa kejuaraan pertandingan, Persib menjadi klub sepak bola kebanggan Jawa Barat, terutama penduduk Bandung, kota di mana Persib lahir.

Pendukung Persib kembali terbentuk dan berasosiasi mendukung pemain tim Maung Bandung ini dengan julukan nama baru mereka ialah Bobotoh.

Aksi Bobotoh mendukung klub Persib sangat dikenal dengan beramai-ramai mengelilingi jalanan kota, sehingga pendukung Persib sangat diakui loyalitasnya.

Baca juga: Sosok di kembali kesuksesan Persib Bandung

Kini pendukung Bobotoh semakin tersebar di beberapa wilayah dengan jumlah perkiraan ratusan ribu orang. Kobaran semangatnya mendukung Persib tak pernah luntur dan usai.

Salah satu organisasi yang dibentuk oleh Bobotoh ialah Viking Persib Club. Kelompok inilah yang kemudian menjadi kekuatan utama di kembali support Persib dalam setiap pertandingan.

Bukan hanya Viking, organisasi lain yang aktif mendukung Persib Bandung antara lain Bomber (Bobotoh Maung Bandung Bersatu), Druken Troopers, TS1 Crew, Bandung Supporter Alliance, Second Squad, dan Flowers City Casual.

Sejpetunjuk yang panjang dan jumlah pendukung yang terus bertambah, Bobotoh menjadi bagian krusial bagi Persib.

Selain memberikan support lebih kepada para pemain Persib, Bobotoh juga merupakan aspek krusial bagi perjalanan Persib menjadi salah satu tim sepak bola terbesar dan bergengsi di Indonesia, demikian mengutip laman resmi Kota Bandung dan sumber lainnya.

Baca juga: Siapa itu Persib? Simak sejpetunjuk klub bola asal Bandung ini

Baca juga: Catatan prestasi Persib Bandung

Putri Atika Chairulia
Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close