Trending

BNPT ajak Pemprov DKI terus jaga warga dari paparan radikalisme - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Jakarta (BERITAJA.COM) - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) membujuk Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus aktif menjaga penduduk di ibu kota agar terhindar dari ancaman paparan radikalisme.

"Bapak dan ibu sekalian nan punya kewenangan di Pemprov DKI kudu bisa memastikan masyarakat kita tidak terpapar mengerti radikal, kita jaga penduduk kita," kata Kepala BNPT Komjen Pol. Boy Rafli Amar dalam keterangan tertulis nan diterima di Jakarta, Senin.

Boy Rafli mengatakan perihal itu dalam aktivitas pembekalan kepada pejabat tinggi madya dan pratama di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

Sebagai pusat pemerintahan ibu kota negara dengan jumlah penduduk nan bermukim, lanjutnya, Jakarta mempunyai problematika kehidupan lebih kompleks.

Untuk memastikan agar masyarakat tidak mudah terpapar radikalisme, BNPT mempunyai lima strategi nan dapat diimplementasikan dan ditiru, ialah transformasi wawasan kebangsaan, revitalisasi nilai Pancasila, moderasi beragama, pelestarian budaya, dan pembangunan kesejahteraan.

Berita lain dengan Judul: BNPT RI dan Uni Eropa susun pedoman program deradikalisasi

Dalam kesempatan itu, Boy Rafli mengpenghargaan Kampung Pancasila di DKI Jakarta. Dia berambisi program itu dapat memberikan contoh program lain di Pemprov DKI, seperti taman pendidikan hingga pagelaran kesenian lenong di ruang publik.

"Saya bangga dengan adanya Kampung Pancasila. Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan taman-taman kota jadi taman pendidikan," jelasnya.

Sementara itu, Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono berambisi DKI Jakarta bisa kondusif dari segala ancaman nan timbul akibat mengerti radikal. Sebab, ancaman-ancaman tersebut datang secara tidak terduga.

"Saya mau DKI Jakarta kondusif dari segala sisi ancaman akibat paham-paham radikal, ancaman itu kadang tidak terduga kapan datangnya. Maka dari itu kita kudu antisipasi," ujar Heru.

Sebagai tambahan informasi, BNPT RI telah melakukan beragam upaya pencegahan radikal terorisme di Jakarta melalui program Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme, Duta Damai, Dialog Kebangsaan, dan pendirian Warung NKRI di DKI Jakarta.

Berita lain dengan Judul: Heru gandeng BNPT cegah radikalisme jelang Pemilu 2024



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close