Trending

BMKG: Waspada cuaca ekstrem di Sulawesi Utara hingga 26 Juni - Beritaja

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
BMKG mengeluarkan peringatan awal cuaca ekstrem hingga 26 Juni 2024

Manado (BERITAJA) -

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan penduduk mengenai potensi cuaca ekstrem pada sejumlah wilayah kabupaten dan kota di Sulawesi Utara (Sulut).

"BMKG mengeluarkan peringatan awal cuaca ekstrem hingga 26 Juni 2024," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Ben A Molle di Manado, Minggu.

Karena itu dia berambisi penduduk berhati-hati dan waspada terhadap ancaman bahaya banjir, tanah longsor, serta pohon tumbang, ketika beraktivitas saat cuaca ekstrem.

"BMKG bakal memutakhirkan info dan info cuaca ekstrem melalui kanal-kanal yang telah terverifikasi," ujarnya.

Dia menjelaskan pada 24 Juni cuaca ekstrem berpotensi terjadi di wilayah Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Baca juga: BMKG: Waspada angin & gelombang saat melintas di perairan Pulau Padar

Kemudian pada 25 Juni kondisi cuaca serupa diperkirakan terjadi di wilayah Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kota Kotamobagu, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Sementara pada 26 Juni cuaca ekstrem berkesempatan terjadi di wilayah Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Kepulauan Sitaro, dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Baca juga: BMKG ingatkan 12 provinsi waspada akibat hujan deras


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close