BMKG: Sejumlah wilayah siaga dampak hujan lebat pada 4-5 Maret - BeritAja

Sedang Trending 9 bulan yang lalu
beritaja.com

Karenanya perlu diwaspadai kejadian cuaca ekstrem nan sering muncul, seperti hujan lebat, angin puting beliung, dan angin kencang nan meskipun periodenya singkat namun sering memicu terjadinya musibah hidrometeorologi

Jakarta (BERITAJA.COM) - Sejumlah wilayah Indonesia berada dalam kategori siaga akibat dari potensi hujan lebat pada 4-5 Maret 2023, menurut peringatan awal cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Jumat.

Dikutip dari situs BMKG di Jakarta, Jumat, menyebut pada 4 Maret 2023 wilayah nan berada dalam kategori siaga itu ialah Riau, Kepulauan Riau (Kepri), Banten, dan Papua. Pada hari selanjutnya, wilayah nan berada dalam kategori siaga ialah Riau, Kepri, Papua Barat, dan Papua.

Kepala Pusat Layanan Informasi Iklim Terapan BMKG Ardhasena Sopaheluwakan menyampaikan BMKG memprediksi bahwa sifat curah hujan bulanan bakal didominasi oleh kategori normal.

Berita lain dengan Judul: BMKG: Waspada potensi hujan lebat 3-10 Maret di beberapa provinsi

Ia mengemukakan untuk sifat curah hujan bulanan kategori di atas normal berkesempatan terjadi di Sumatera bagian utara, Kalimantan bagian timur dan utara pada Februari dan Maret 2023.

Selain itu, kata dia, juga perlu dicermati bahwa pada bulan Maret-April-Mei 2023 beberapa wilayah di Pulau Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara, bakal mengalami periode transisi alias peralihan musim dari musim hujan ke musim kemarau.

"Karenanya perlu diwaspadai kejadian cuaca ekstrem nan sering muncul, seperti hujan lebat, angin puting beliung, dan angin kencang nan meskipun periodenya singkat namun sering memicu terjadinya musibah hidrometeorologi," katanya.

Berita lain dengan Judul: BMKG: Waspada gelombang tinggi hingga enam meter di perairan Indonesia



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di Google News




Ikuti Media Sosial Kami
Affiliate: Life Health / Inforia / Blogkoopedia
close