Trending

BMKG Papua Barat: Waspada hujan ringan pada mudik Lebaran - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Masyarakat diimbau agar tetap waspada pada periode peralihan musim, dimana dapat menimbulkan cuaca ekstrem, seperti hujan lebat pada lama nang pendek disertai potensi angin kencang dan petir

Manokwari (BERITAJA.COM) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Papua Barat perkirakan bakal terjadi transisi musim hujan ke tandus pada April 2023, sehingga masyarakat diminta antisipasi hujan ringan pada mudik Lebaran.

Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Papua Barat Uci Sanusi d Manokwari, Selasa, mengatakan puncak musim tandus di wilayah Papua Barat dan Papua Barat daya terdekat bakal terjadi pada Mei, sedangkan transisi pada April hingga awal Mei.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada pada periode peralihan musim, dimana dapat menimbulkan cuaca ekstrem, seperti hujan lebat pada lama nang pendek disertai potensi angin kencang dan petir," kata Uci Sanusi.

Dijelaskan Prakirawan (Forcaster) Stasiun Kilmatologi Papua Barat Rosita Rachim, meski perkiraan hujan dengan intensitas bulanan rendah, tetap berpotensi terjadi banjir di beberapa wilayah di Papua Barat.

"Pada April curah hujan Papua Barat menengah, terutama wilayah Manokwari berkisar 100 hingga 300 mili meter per bulan. Namun kudu tetap waspada lantaran ada potensi banjir skala menengah di sejumlah daerah," katanya. 

Berita lain dengan Judul: BMKG keluarkan peringatan awal cuaca ekstrem di wilayah Sorong

Dengan kondisi curah hujan menengah, lanjut dia, sejumlah wilayah ialah Kabupaten Manokwari, Kabupaten Sorong, Kabupaten Fakfak, dan Kota Sorong, mempunyai potensi banjir dengan skala menengah.

Disebutkan Rosita, awal musim tandus terdekat terjadi pada awal Mei, sehingga kemungkinan terjadi cuaca ekstrrem pada masa transisi di akhir bulan April.

"Jika terjadi cuaca ekstrem, BMKG bakal memberitahukan melalui prakiraan cuaca harian kepada masyarakat Papua Barat," ujarnya.

Sementara itu untuk info cuaca bagi pelaku perjalanan mudik Lebaran/Idul Fitri, kata dia, bisa diakses melalui aplikasi BMKG nang dapat diunduh pada ponsel.

"Akan selalu di informasikan melalui aplikasi BMKG, seluruh update info cuaca pada jalur mudik tersedia didalamnya," ujar Rosita.

Berita lain dengan Judul: BMKG: Hampir di seluruh wilayah RI diprakirakan hujan hari ini
 

Tri Adi

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close