Trending

BMKG imbau nelayan NTT waspada gelombang dua meter di tiga titik laut - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Potensi gelombang dua meter perlu diwaspadai lantaran beresiko tinggi terhadap perahu nelayan

Kupang (BERITAJA.COM) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau nelayan di Nusa Tenggara Timur (NTT) agar mewaspadai potensi gelombang setinggi dua meter nang berkesempatan melanda tiga titik wilayah laut di provinsi itu selama beberapa hari ke depan.

"Potensi gelombang dua meter perlu diwaspadai lantaran beresiko tinggi terhadap perahu nelayan," kata Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tenau Kupang BMKG Syaeful Hadi di Kupang, Senin.

Ia menyampaikan perihal itu berangkaian dengan peringatan awal gelombang tinggi di wilayah perairan laut NTT nang bertindak selama 4-5 April 2023.

Tiga titik wilayah laut di NTT nang berkesempatan dilanda gelombang setinggi dua meter ialah Selat Sumba bagian barat, Laut Sawu bagian selatan, dan Samudera Hindia selatan Sumba-Sabu.

Berita lain dengan Judul: BMKG: Waspadai gelombang sedang-tinggi di NTT pada 1-3 Maret

Para nelayan nang biasa menangkap ikan di tiga titik wilayah laut tersebut, kata dia, patut lebih waspada terhadap potensi gelombang nang ada agar tidak menakut-nakuti keselamatan berlayar.

Selain perahu nelayan, kata dia, potensi gelombang kategori sedang (1,25-2,5 meter) itu juga beresiko tinggi terhadap pelayaran kapal tongkang.

Syaeful menjelaskan selain potensi gelombang, kondisi angin di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari barat daya ke barat dengan kecepatan angin berkisar 3-20 knot.

Kecepatan angin lebih dari 15 knot, kata dia, juga beresiko tinggi terhadap perahu nelayan sehingga perlu diwaspadai nelayan saat berlayar.

Ia mengingatkan para nelayan untuk terus memantau perkembangan info cuaca maritim dari BMKG sebagai referensi untuk menentukan aktivitas pelayaran nang kondusif dari ancaman cuaca buruk.

Berita lain dengan Judul: Waspada, BMKG: Gelombang setinggi 4-5 meter berkesempatan landa laut NTT

Aloysius Lewokeda

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close