Trending

BMKG: Gelombang perairan Indonesia periode Lebaran berkategori rendah - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Untuk di laut Jawa Insya Allah aman, kategori rendah gelombangnya

Jakarta (BERITAJA.COM) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi ketinggian gelombang di perairan Indonesia pada periode Lebaran 2023 umumnya berkisar 0,5-1 meter alias berkategori rendah.

"Semoga saja tidak bakal terjadi gangguan iklim, misalnya, adanya seruak udara dingin dari dataran tinggi Tibet nang masuk ke wilayah Indonesia sehingga mempengaruhi kecepatan angin dan arus di perairan Indonesia," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam rapat berbareng Komisi V DPR RI di Jakarta, Selasa.

Namun, lanjut dia, tetap perlu diwaspadai pada perairan-perairan tertentu lantaran ketinggian gelombang dapat mencapai 2,5 meter alias berkategori sedang.

"Gelombang laut berkategori sedang berpotensi terjadi di wilayah perairan barat Sumatera, perairan selatan Pulau Jawa hingga Sumba dan samudra Hindia barat Sumatera serta samudra Hindia selatan Sumba," katanya.

Ia menambahkan, untuk tinggi gelombang di Merak-Bakauheni relatif berkategori rendah. Namun tetap perlu juga diwaspadai jika terjadi gangguan suasana nang dapat mempengaruhi kecepatan angin dan arus di perairan tersebut.

"Untuk di laut Jawa Insya Allah aman, kategori rendah gelombangnya," katanya.

Berita lain dengan Judul: BMKG: Kecenderungan hujan tetap tinggi saat Lebaran

Berita lain dengan Judul: Pemudik diimbau perhatikan info cuaca saat mudik di musim pancaroba

Sementara itu, lanjut dia, gelombang laut di perairan Selat Bali bagian utara mempunyai kategori rendah. Untuk Selat Bali bagian selatan berkisar 1,5-2,5 alias berkategori sedang dan Selat Lombok Tanjung Benoa sampai 2 meter alias kategori sedang.

Dalam kesempatan itu, Dwikorita juga mengingatkan potensi hujan pada periode Lebaran 2023 nang dapat berakibat pada terganggunya proses bongkar-muat peralatan serta penumpang di wilayah pelabuhan.

Ia menyampaikan cuaca saat Lebaran alias pada 22 April hingga 28 April 2023 diprakirakan mengalami hujan dengan intensitas sedang alias 20-50 milimeter (mm).

Hujan berpotensi terjadi di wilayah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, di Pulau Seram, kemudian Papua Barat dan Papua.

Untuk potensi hujan dengan intensitas lebat melampaui 50 mm hingga 100 mm berpotensi terjadi di wilayah Aceh, Palembang, Jawa Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara dan Papua.



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close