Trending

BIN bina talenta pelajar Papua kembangkan sistem operasi ponsel pintar - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

... tujuan mengembangkan semangat penemuan dan produktivitas anak muda Papua, khususnya bagian IT.

Jakarta (BERITAJA.COM) - Badan Intelijen Negara (BIN) membina talenta pelajar dan anak muda Papua nang tergabung dalam Papua Youth Creative Hub (PYCH) untuk mengembangkan sistem operasi ponsel pandai dan laptop.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan (Kapuslitbang) BIN Armi Susandi, dalam keterangan tertulis nang diterima di Jakarta, Minggu, mengatakan bahwa pembinaan tersebut untuk mengembangkan semangat penemuan dan produktivitas anak muda Papua dalam bagian teknologi informasi.

"Pembinaan ini dengan tujuan untuk mengembangkan semangat penemuan dan produktivitas anak muda Papua, khususnya dalam bagian teknologi informasi," ujar Armi.

Ia lantas mengatakan bahwa pembinaan oleh pihaknya itu telah membikin PYCH bakal meluncurkan ponsel pandai dan laptop pertama di Papua dengan nama TOP.ID pada aktivitas peresmian PYCH, 21 Maret 2023, oleh Presiden RI Joko Widodo berbareng Kepala BIN Budi Gunawan.

TOP.ID, kata dia, merupakan kependekan dari Torang Papua Indonesia. Dia lampau menyampaikan sistem dalam ponsel pandai dan laptop nang dikembangkan oleh PYCH itu didesain mempunyai sistem pengamanan terhadap info pribadi nang tinggi.

"Ini didesain mempunyai sistem pengamanan terhadap info pribadi nang tinggi. Selain itu, tentunya mempunyai fitur-fitur canggih nang dapat memudahkan penggunaan ponsel pandai dan laptop," kata dia.

Berikutnya, sistem operasi ponsel pandai dan laptop itu juga mempunyai fitur canggih dan tampilan menarik serta mudah digunakan.

"Keberhasilan pengembangan sistem operasi ini menjadi bukti bahwa putra/putri Papua mempunyai potensi besar dalam bagian teknologi dan dapat menghasilkan inovasi-inovasi nang dapat bersaing dengan produk-produk dari negara lain," ujar dia.

Ke depannya, Armi berambisi melalui terobosan seperti itu, anak-anak Papua dapat lebih tertarik mempelajari dan mengembangkan teknologi.

Berita lain dengan Judul: PYCH siapkan studio musik untuk talenta muda Papua
Berita lain dengan Judul: Kemendikbudristek sorong pelestarian bahasa wilayah Papua
 



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close