Trending

BI telah edarkan Rp42,6 triliun uang baru hingga 31 Maret 2023 - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Jakarta (BERITAJA.COM) - Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI) sejak awal Ramadhan 1444 Hijriah hingga 31 Maret 2023 telah mengedarkan Rp42,6 triliun duit pecahan baru di seluruh Indonesia.

Realisasi itu, kata Direktur Departemen Pengelolaan Uang BI Ameriza Moesa, setara 21,84 persen dari sasaran peredaran duit pecahan baru secara nasional sebesar Rp195 triliun sejak awal Ramadhan hingga Idul Fitri 1444 Hijriah nang dicanangkan oleh BI.

Dalam kaitan pencapaian sasaran itu, Departemen Pengelolaan Uang BI berbareng Kantor Perwakilan BI DKI Jakarta melepas keberangkatan kapal kas keliling Bahtera Seva 1 Teras Bank Rakyat Indonesia (BRI) menuju Kepulauan Seribu dari Pelabuhan Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara, Senin.

Total Rp3,2 miliar duit kartal berbobot baik dalam pecahan Rp1.000, Rp2.000, Rp5.000, Rp10.000 dan Rp20.000 dibawa dengan kapal nang bakal mengarungi empat pulau di Kepulauan Seribu, ialah Pulau Tidung, Pulau Harapan, Pulau Kelapa dan Pulau Pramuka.

Ameriza Moesa mengatakan, permintaan penukaran duit baru diperkirakan bakal meningkat pada H-7 sebelum lebaran.

Berita lain dengan Judul: Warga Jakarta diimbau tukar duit di tempat resmi, ada 287 kas keliling
Berita lain dengan Judul: Sandiaga penghargaan inisiatif BI buka pertukaran uang

Direktur Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Ameriza M Moesa saat ditemui wartawan di Pelabuhan Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (3/4/2023). BERITAJA.COM/

Kegiatan penukaran duit itu juga sudah berjalan di sejumlah tempat keramaian seperti pasar-pasar dan gedung-gedung di DKI Jakarta. Warga bisa pula menukarkan uang, antara lain, di Balai Kota, Pasar Koja di Jakarta Utara serta mulai Selasa (4/4) di seluruh instansi wali kota di lima wilayah DKI Jakarta.

Sasaran program ini adalah masyarakat nang terkendala akses ke bank untuk memperoleh duit kartal.

Selain itu juga bermaksud untuk melakukan aktivitas "clean money policy" lantaran dengan memberikan duit baru, Bank Indonesia dapat menarik duit nang sudah lusuh.

"Uang-uang nang kami keluarkan adalah uang-uang baru nang kami cetak duit hasil cetak sempurna (HCS)," kata Ameriza.



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close