Trending

BI Sultra siapkan 99 titik layanan penukaran uang jelang Lebaran - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Kendari (BERITAJA.COM) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Sulawesi Tenggara(Sultra) menjamin jasa penukaran duit kartal di wilayah tersebut dilakukan secara maksimal dengan menyiapkan 99 titik selama bulan Suci Ramadhan hingga menjelang Lebaran Idul Fitri1444 Hijriah.

Kepala Bank Indonesia Sultra Doni Septadijaya di Kendari, Senin mengatakan sebanyak 99 titik letak penukaran duit rupiah  bisa dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat di 17 kabupaten/kota di Sultra.

"Tahun ini ada 99 titik, tempatnya sama seperti tahun sebelumnya dan hanya bertambah sekitar tiga titik saja, ini untuk memaksimalkan layangan penukaran duit nang bakal dilakukan masyarakat," katanya.

Doni menyebut letak penukaran duit di 99 titik tersebut tersebar di seluruh kabupaten/kota di Sultra seperti di Kota Kendari sebanyak 46 titik dan 15 titik di Kota Baubau. Sedangkan sisanya tersebar di 15 kabupaten lainnya, utamanya pada wilayah nang mempunyai bagian bank termasuk jasa pada mobil kas keliling.

Lebih lanjut, Doni mengatakan unik di Kota Kendari pihaknya telah meluncurkan sebanyak 15 mobil kas keliling nang bakal disebar ke beberapa titik keramaian kota dan masing-masing instansi bank nang ada.

Dia menerangkan penukaran duit nang dimaksud adalah duit lusuh dan tidak layak edar dengan ketentuan tertentu, termasuk penukaran duit pecahan mini untuk kebutuhan masyarakat selama Ramadan dan Idul Fitri 2023.

Doni menambahkan, jasa penukaran duit kartal dilakukan pihaknya dengan melibatkan seluruh perbankan nang ada di wilayah Sulawesi Tenggara.

Doni mengaku, pada Ramadhan 2023 ini pihaknya menyiapkan sebanyak Rp1,9 triliun untuk jasa penukaran uang. Nominal tersebut naik 28 persen dari tahun sebelumnya nang disediakan sebanyak Rp1,54 triliun.

Dari total Rp1,9 triliun, 96 persen diproyeksikan untuk kebutuhan duit pecahan besar nang terdiri dari pecahan Rp20 ribu hingga Rp100 ribu. Sementara empat persen sisanya alias Rp80,57 miliar disiapkan untuk duit pecahan kecil.

Sebelumnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Tenggara meminta seluruh perbankan di wilayah tersebut agar memaksimalkan jasa perbankan baik elektronik maupun digital serta anjungan tunai berdikari (ATM) sehingga dapat berfaedah dengan baik saat libur lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.

Kepala OJK Sultra Arjaya Dwi mengatakan memastikan kesiapan duit kartal di sejumlah ATM sangat krusial untuk diperhatikan oleh perbankan agar dapat memenuhi kebutuhan duit tunai masyarakat saat lebaran nanti.

"Untuk ATM sendiri, kami harapkan perbankan di seluruh wilayah se-Sultraini dapat mendukung likuiditas masyarakat melalui pecahan duit tunai nang dapat diambil di mesin ATM," katanya.

Ia mengimbau kepada perbankan agar melakukan pemantauan secara maksimal terhadap mesin-mesin ATM nang tersebar di seluruh titik-titik agar tidak kekosongan uang.



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close