Trending

BI Bengkulu menanam bawang merah organik upaya kendalikan inflasi - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Khususnya bawang merah, nang terus dilakukan di Provinsi Bengkulu dengan penerapan teknologi terkini.

Jakarta (BERITAJA.COM) - Bank Indonesia (BI) berbareng Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu menggelar program sosial penanaman bawang merah organik sebagai langkah pengendalian inflasi daerah.

"PSBI diberikan dalam corak pilot project penerapan teknologi program budi daya pertanian organik melalui demonstration plot pada komoditas bawang merah, nang juga merupakan salah satu komoditas penyebab inflasi," kata Kepala Perwakilan BI Provinsi Bengkulu Darjana, di Bengkulu Utara, Sabtu.

Dalam konteks pengendalian inflasi oleh Tim Pengendalian Inflasi Daerah, menurut dia, peningkatan produksi bawang merah tersebut merupakan salah satu bagian strategi, ialah tentang kesiapan pasokan.

Menurut Darjana, selain upaya pengembangan klaster komoditas pangan dalam rangka mewujudkan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP), aktivitas pengembangan itu juga sebagai salah satu bagian strategi dalam peningkatan produksi komoditas pangan.

"Khususnya bawang merah, nang terus dilakukan di Provinsi Bengkulu dengan penerapan teknologi terkini," kata dia lagi.

Pengembangan klaster bawang merah kali ini diperuntukkan bagi Kelompok Tani Sido Dadi dan Kelompok Wanita Tani Rejeki Mulya, Kecamatan Giri Mulya, Kabupaten Bengkulu Utara.

Kedua golongan tani tersebut tidak hanya bakal menanam bawang merah, tapi juga mengikuti serangkaian training dalam penerapan program pertanian organik, dan perihal itu sebagai bagian dari Program Sosial Bank Indonesia (PSBI).

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan Kabupaten Bengkulu Utara Kuasa Barus mengpenghargaan inisiatif dari BI Provinsi Bengkulu lantaran telah bersinergi berbareng pemda dalam peningkatan produktivitas tanaman bawang merah.

"Diharapkan dengan adanya program ini, petani dapat lebih sejahtera, dan sekaligus meningkatkan kesiapan pasokan bawang merah di Provinsi Bengkulu," kata dia pula.

Berita lain dengan Judul: Pedagang cabe di Bengkulu turunkan harga
Berita lain dengan Judul: Harga bawang merah mencapai Rp40.000 per kg


Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close