Bea Cukai Surakarta tindak 31 kali peredaran rokok ilegal dan MMEA - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu
beritaja.com

Solo (BERITAJA.COM) - Bea Cukai Surakarta menindak sebanyak 31 kali terhadap peredaran jutaan batang rokok terlarangan dan ribuan liter minuman mengandung etil alkohol (MMEA) di wilayah Solo Raya, Provinsi Jawa Tengah, selama Januari hingga Maret 2023.

"Kami selama 2023 ini, telah melakukan 31 kali penindakan terhadap rokok terlarangan sebanyak 575.120 batang dan 1.280,5 liter MMEA dengan kerugian negara mencapai senilai Rp1,6 miliar," kata Kepala Kantor Bea dan Cukai Surakarta Yetty Yulianty, dalam aktivitas media gathering dan konvensi pers di Kantor Bea Cukai Surakarta, Rabu.

Menurut Yetty dari sebanyak 31 kali penindakan oleh Bea Cukai tersebut terbanyak rokok terlarangan 28 kali dan sisanya minuman beralkohol. Penindakan peredaran rokok tanpa cukai itu, termasuk pengamanan mobil nan membawa rokok tidak berpita cukai di Jalan Tol Solo-Ngawi di Sragen dan Tol Solo-Semarang di Boyolali sebanyak empat kali.

Selain itu, Bea Cukai Surakarta sepanjang 2022 juga sukses mencapai sasaran penerimaan cukai sebesar Rp2,262 triliun dari sasaran Rp2,116 triliun alias sebesar 106,9 persen dari sasaran tersebut tercapai berkah support seluruh pihak.

Berita lain dengan Judul: Polda Sumsel sita 9.430 balut rokok terlarangan asal Jatim

Selain kontribusi dari sektor penerimaan, peningkatan perekonomian juga didorong melalui sektor pengawasan nan konsisten. Bea Cukai Surakarta telah melakukan penindakan sebanyak 153 kali sepanjang 2022 dengan potensi 25 kerugian negara sebesar Rp3.132.633.220.

"Capaian-capaian itu, merupakan bentuk komitmen Bea Cukai Surakarta sebagai revenue collector dan community protector yang mendukung pemulihan ekonomi nasional," katanya.

Bea Cukai Surakarta dalam menyongsong 2023 berkomitmen untuk meraih predikat wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM) dan diharapkan dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Sementara itu, dia juga menyampaikan Bea Cukai Surakarta dalam meningkatkan sinergi dan kerjasama dengan media massa, mengadakan aktivitas media gathering dengan perwakilan sejumlah media baik cetak, media elektronik, dan online di Solo Raya.

Dia menjelaskan tugas dan kegunaan Bea Cukai Surakarta ialah sebagai pemungut penerimaan negara, melindungi masyarakat dari peralatan berbahaya, memberikan fasilitasi perdagangan, serta melindungi industri dalam negeri.

Adapun jasa nan diberikan Bea Cukai Surakarta adalah berupa jasa impor, jasa ekspor, dan jasa cukai. Layanan ini diberikan kepada pengguna jasa Bea Cukai Surakarta nan didominasi dari perusahaan area berikat, pabrik pembuatan etil alkohol, pabrik pembuatan minuman keras, pabrik hasil tembakau, dan perusahaan ekspor industri mini dan menengah (KITE IKM).

Berita lain dengan Judul: Bea Cukai Surakarta amankan 1,6 juta batang rokok terlarangan asal Jatim

Bambang Dwi Marwoto

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
    close