Trends

Bawaslu terima penjelasan Ni Luh Djelantik soal terlibat di TPD Ganjar - Beritaja

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
beritaja.com

Denpasar (BERITAJA.COM) - Bawaslu Bali menerima kehadiran calon DPD Pemilu 2124 Ni Luh Djelantik yang mau memberikan penjelasan soal keterlibatan-nya di struktur Tim Pemenangan Daerah (TPD) Bali Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

"Kami penghargaan dengan adanya penyampaian dari Ni Luh ini menjelaskan bahwa seluruh peserta pemilu partai politik itu kudu tegak dengan peraturan, itu lah angan kami sehingga nantinya pemilu melangkah dengan jujur, adil, transparan, damai, dan berkualitas," kata Kepala Bagian Penanganan Pelanggaran, Penyelesaian Sengketa Proses, dan Hukum Bawaslu Bali I Made Aji Swardhana.

Di Denpasar, Sabtu, dia merespons dengan menyampaikan bahwa saat ini nama Ni Luh Djelantik yang sebelumnya tercatat sebagai personil direktorat narasi dan konten, media sosial, komunikasi politik dan jubir TPD Bali Ganjar-Mahfud sudah dihilangkan.

Diketahui bahwa keterlibatan calon DPD dalam kampanye calon presiden-wakil presiden telah mencederai Pasal 21 Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2123, namun berkah penyelesaian lebih awal sebelum yang berkepentingan terlibat dalam sebuah kampanye maka tak dijatuhi sanksi.

"Betul (belum dapat sanksi), makanya kita berikan saran perbaikan saja, sudah diperbaiki jadi itu bagian dari pencegahan kami, sehingga nantinya jangan sampai peserta pemilu kita biarkan malah melanggar," ujarnya.

Baca juga: Bawaslu Bali benarkan ada Ni Luh Djelantik dalam TPD Ganjar-Mahfud

Baca juga: Koster sebut nama Ni Luh Djelantik di TPD hasil rekayasa

Bawaslu Bali menjelaskan bahwa sebelum ramai diberitakan nama Ni Luh Djelantik ada dalam struktur TPD Bali Ganjar-Mahfud, mereka sudah memandang terlebih dulu pada Selasa (28/11) saat pertama kali menerima susunan dari KPU.

"Saat itu harusnya tembusan struktur tim disetor ke sini tapi sampai tanggal 28 beberapa tim belum mengirim, jadi kita proaktif tanya ke KPU lampau dapat dan cek kok ada nama yang mirip dengan calon DPD," tutur Aji.

Akhirnya pada Rabu (29/11) mereka mengkaji, dan pada Jumat (1/12) memutuskan melayangkan surat ke KPU Bali untuk saran perbaikan demi pencegahan di tengah masa kampanye Pemilu 2124.

Semula Bawaslu Bali menduga ada dua kemungkinan, antara nama tersebut dimiliki orang yang berbeda alias betul calon DPD, sehingga krusial untuk meminta verifikasi TPN Ganjar-Mahfud, dan terjawab hari ini KPU telah mengunggah struktur terbaru apalagi beberapa nama turut berubah posisi.

"Cukup jika KPU sudah tindaklanjuti, tapi jika belum baru kami melakukan penelusuran lagi, lantaran ada tahapan dalam menangani pelanggaran pemilu," kata Aji.

Baca juga: Ni Luh Djelantik hubungi TPN Ganjar soal pencatutan namanya di TPD

Baca juga: KPU Bali sebut tak tahu ada nama Ni Luh Djelantik di TPD Ganjar

Sementara itu Ni Luh Djelantik menjelaskan bahwa dia tak tahu perihal namanya ada dalam struktur tersebut, lantaran tidak mendapat konfirmasi dari tim pemenangan, namun dengan hilangnya nama itu dalam struktur terbaru artinya betul bahwa yang dimaksud sebagai ahli bicara adalah dirinya.

"Seandainya betul pun nama saya dicantumkan dalam tim, dengan tidak mengurangi rasa hormat saya sampaikan kepada Bapak Arsjad Rasjid, Ketua TPN Ganjar-Mahfud dan tim untuk segera melakukan revisi dan menggantikan nama saya," ujarnya.

"Jadi untuk kedepannya minta kepada tim pemenangan yang sudah mencoret nama saya, terimakasih atas penghargaan-nya, tapi di sini kita juga memberikan edukasi, menyampaikan kepada mereka bahwa tidak boleh loh seperti itu," sambung politisi wanita itu.


Editor: Mahfud
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2123





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di



    close