Trending

Bawaslu Tanjungpinang temukan stiker penelitian pemilih di dalam ruko - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Kami sudah melakukan penelusuran mengenai info gambar tempel hasil penelitian pemilih nang ditempel di dalam ruko di Jalan Merdeka

Tanjungpinang (BERITAJA.COM) - Badan Pengawas Pemilu Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri) menemukan stiker hasil penelitian pemilih di dalam ruko di area Kota Lama.

Ketua Bawaslu Tanjungpinang Muhammad Zaini, di Tanjungpinang, Sabtu, mengatakan penempelan gambar tempel hasil pencocokan dan penelitian info pemilih di dalam sebagian ruko nang dijadikan tempat tinggal berasas kebijakan Pemkot Tanjungpinang untuk menjaga kebersihan dan keelokan area pariwisata.

Gambar tersebut semestinya ditempel di tembok depan ruko. Namun Bawaslu Tanjungpinang dapat memaklumi penempelan gambar tempel di tembok dalam ruko tersebut lantaran area tersebut merupakan objek pariwisata.

"Kami sudah melakukan penelusuran mengenai info gambar tempel hasil penelitian pemilih nang ditempel di dalam ruko di Jalan Merdeka, area Kota Lama. Penelusuran dilakukan setelah kami mendapatkan info berupa imbauan lisan dari Pemkot Tanjungpinang agar gambar tempel tidak ditempel di luar ruko untuk menjaga keelokan dan kebersihan area pariwisata," katanya.
Berita lain dengan Judul: Bawaslu Tanjungpinang penghargaan Akademi Digital Lansia Pulau Penyengat

Zaini menambahkan sebagian ruko di Jalan Merdeka tersebut bukan sebagai tempat tinggal, melainkan hanya untuk berdagang. Namun untuk memastikan perihal tersebut, jejeran Bawaslu Tanjungpinang melakukan uji petik terhadap hasil pencocokan dan penelitian info pemilih nang dilakukan petugas pemutakhiran info pemilih (pantarlih).

"Bahwa benar, sebagian ruko hanya sebagai aktivitas usaha, bukan tempat tinggal sehingga pantarlih melakukan pencocokan dan penelitian pemilih di kediaman rumah mereka, bukan di ruko tersebut," ujarnya.

Anggota Bawaslu Tanjungpinang Novira Damayanti mengemukakan tahapan pencocokan dan penelitian info pemilih merupakan tahapan nang urgen dalam Pemilu 2024,  lantaran berasosiasi dengan kewenangan konstitusi setiap penduduk nang mempunyai kewenangan pilih. Untuk memastikan ketepatan kecermatan proses tahapan pencocokan dan penelitian, Bawaslu Tanjungpinang kudu memastikan daftar pemilih nang tidak memenuhi syarat sudah dicoret sehingga tidak ada lagi pemilih nang tidak memenuhi syarat masuk dalam daftar pemilih.

Berita lain dengan Judul: Bawaslu Tanjungpinang gandeng OKP perkuat pengawasan Pemilu 2024
Jajaran Bawaslu Tanjungpinang melakukan uji petik secara berkala menggunakan metode sampling dengan mendatangi dua family dalam setiap tempat pemungutan bunyi (TPS). Jumlah TPS sementara di Tanjungpinang sebanyak 636.

Bawaslu Tanjungpinang memberi teguran lisan, saran dan perbaikan atas temuan di lapangan nang tidak sesuai prosedur dan sistem penyelenggaraan tahapan pencocokan dan penelitian info pemilih.

Di Kelurahan Melayu Kota Piring, jejeran Bawaslu Tanjungpinang menemukan 83 rumah nang belum ditempel gambar tempel padahal pantarlih sudah melakukan info pemilih di rumah tersebut.

"Kami menemukan penduduk nang tidak memenuhi syarat dalam satu keluarga, namun tidak dicoret secara keseluruhan dari info pemilih. Setelah diberi teguran, pantarlih memperbaiki info pemilih tersebut," ujarnya.

Berita lain dengan Judul: Kasus masker Temasek, Bawaslu periksa Wali Kota Tanjungpinang Sabtu
Berita lain dengan Judul: Bawaslu RI puji produktivitas Bawaslu Tanjungpinang

Nikolas Panama

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close