Trends

Bank Mandiri salurkan Rp253 triliun portofolio kredit berkelanjutan - Beritaja

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
beritaja.com

Bank Mandiri sekarang menjadi pemimpin industri dengan pangsa lebih dari 30 persen di sektor ramah lingkungan

Jakarta (BERITAJA.COM) - Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Darmawan Junaidi mengatakan pihaknya telah menyalurkan Rp253 triliun portofolio angsuran berkepanjangan hingga saat ini, dengan porsi portofolio hijau sebesar 48 persen dari total tersebut.

Realisasi tersebut merupakan komitmen Bank Mandiri dalam mendorong pembiayaan berkepanjangan yang dituangkan dalam pilar strategis utama Perseroan, ialah perbankan berkelanjutan, yang bermaksud untuk memimpin perekonomian rendah karbon.

"Hasilnya, Bank Mandiri sekarang menjadi pemimpin industri dengan pangsa lebih dari 30 persen di sektor ramah lingkungan," ujar Darmawan dalam aktivitas Mandiri Sustainability Forum 2023 di Jakarta, Kamis.

Ke depan, dirinya menegaskan bahwa Bank Mandiri berkomitmen untuk menjadi yang terdepan dalam rencana pemerintah menjalankan transisi rendah karbon.

Adapun perseroan turut mengambil bagian dalam perdagangan karbon pertama di Indonesia pada September 2023 untuk mendukung upaya pemerintah dalam membentuk sistem pasar guna mencapai sasaran pengurangan gas rumah kaca.

Bank dengan logo pita emas tersebut juga mengambil beragam langkah ambisius dalam tujuan operasional untuk mencapai operasi emisi nol bersih (net zero) pada 2030. Untuk mencapai sasaran tersebut, Bank Mandiri memanfaatkan upaya digitalisasi melalui platform Livin' dan Kopra.

Di sisi lain, Darmawan menyebutkan, Perseroan pun melakukan upaya netral karbon melalui pemasangan panel surya, berinvestasi pada kendaraan listrik sebagai mobil operasional, mengembangkan pencarian karbon digital, dan mentransformasikan instansi bagian fisik.

"Sejak tahun 2021, kami telah menutup lebih dari 200 cabang," katanya menambahkan.

Sementara untuk aspek sosial, lanjut dia, tujuan Bank Mandiri ialah mendorong akibat sosial dan berkontribusi terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan melalui beragam inisiatif inklusi finansial dan program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan.

Oleh karenanya, Bank Mandiri menyelenggarakan Mandiri Sustainability Forum 2023 sebagai platform krusial untuk tindakan nyata mewujudkan perekonomian rendah karbon yang selaras dengan pilar perbankan berkelanjutan.

"Melalui upaya kolektif ini, Bank Mandiri sangat antusias untuk menavigasi kompleksitas pembiayaan berkepanjangan serta memastikan tindakan kami menjadi landasan bagi lanskap finansial yang berketahanan dan sadar lingkungan di masa depan," tutur Darmawan.

Baca juga: Mandiri bukukan peningkatan pembiayaan hijau Rp7 T pada kuartal ketiga
Baca juga: Kredit berkepanjangan BRI tumbuh double digit jadi Rp710,9 T
Baca juga: Semen Baturaja raih angsuran sindikasi berkepanjangan Rp901,4 miliar


Editor: Mahfud
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di



    close