Trending

Bank Indonesia gelar pelatihan 55 UMKM potensial di Papua Barat - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Supaya pelaku UMKM Papua Barat bisa bersaing dalam pasar digital

Manokwari (BERITAJA.COM) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua Barat menggelar training dan pendampingan kepada 55 pelaku UMKM potensial dalam rangka penyelenggaraan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI).
 

Kepala BI Papua Barat Rommy S Tamawiwy di Manokwari, Selasa, mengatakan penyelenggaraan training UMKM sampai dengan tahap onboarding bakal didampingi oleh platform BelajarLagi dari Jakarta.
 

Tujuannya agar pelaku UMKM mempunyai keahlian pemasaran produk melalui pasar digital dan literasi finansial nang baik untuk pengembangan usaha.
 

"Supaya pelaku UMKM Papua Barat bisa bersaing dalam pasar digital," kata Rommy.
 

Ia menjelaskan bahwa 55 pelaku UMKM tersebut merupakan hasil kurasi nang diikuti 260 pelaku UMKM terbaik di Papua Barat.
 

Parameter penilaian meliputi kualitas produk, kuantitas, kontinuitas, karakter alias karakter khas, inovasi, dan preferensi pasar nang direkomendasikan.
 

Tim kurator UMKM potensial terdiri dari Dekranasda Papua Barat, Dinas Koperasi dan UMKM Papua Barat, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Papua Barat, Bank Indonesia Papua Barat dan Kawasan Sains Teknologi UNIPA.
 

Selain itu, kata dia, puluhan pelaku UMKM tersebut nantinya diikutsertakan dalam aktivitas puncak GBBI dan GBWI.
 

"55 UMKM ini kelak diikutkan dalam harvesting GBBI dan GBWI," kata dia.
 

Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Papua Barat Abdul Latief Suaeri, mengpenghargaan sinergi dan kerjasama Bank Indonesia dalam mendukung eksistensi UMKM sehingga dapat berkontribusi terhadap perekonomian Papua Barat.
 

Ia berambisi UMKM nang mengikuti training dapat beradaptasi dengan perubahan teknologi dan tren pasar.
 

Kemudian, pelaku UMKM kudu bisa melakukan perubahan strategi pemasaran digital, dan mengoptimalkan penggunaan media sosial serta platform e-commerce lainnya.
 

Fransiskus Salu Weking

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close