Trends

Bambang Brodjonegoro sebut kualitas SDM perlu terus ditingkatkan - BeritAja

Sedang Trending 11 bulan yang lalu
beritaja.com

Kita perlu meningkatkan kualitas SDM dan tenaga kerja kita, begitu pula dengan meningkatkan pengetahuan mereka

Jakarta (BERITAJA.COM) - Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia (UI) sekaligus Mantan Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menyebut kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia perlu terus ditingkatkan ke depan untuk mencapai pertumbuhan tinggi ekonomi nasional.

Kualitas SDM nan tinggi bisa membikin Indonesia mencapai pertumbuhan ekonomi sebesar 6 persen per tahun dan menjadi negara berpendapatan tinggi.

“Kita perlu meningkatkan kualitas SDM dan tenaga kerja kita, begitu pula dengan meningkatkan pengetahuan mereka. Jangan lupa, belajar dari Korea Selatan, riset dan pembangunan menjadi kunci untuk meningkatkan daya saing,” kata Bambang dalam PwC Indonesia Economic Update nan dipantau di Jakarta, Kamis.

Berita lain dengan Judul: Moeldoko: Kartu Prakerja pengungkit angkatan kerja Indonesia bersaing

Dalam 20 tahun ke depan, pemerintah perlu konsentrasi untuk mengembangkan SDM, dimana saat ini pemerintah juga sudah meningkatkan pelayanan dasar seperti kesehatan, nutrisi, dan pendidikan dasar anak.

Ia berambisi pada 2045 rata-rata masyarakat Indonesia menjalani sekolah selama 12 tahun, alias tumbuh dari rata-rata 8,3 tahun pada 2015.

“Partisipasi masyarakat terhadap universitas juga diharapkan meningkat hingga menjadi 60 persen pada 2045. Dan penyerapan tenaga kerja masyarakat lulusan sekolah menengah diharap menjadi 90 persen,” imbuhnya.

Pada survei tahun 2015, menurutnya, partisipasi masyarakat terhadap universitas baru mencapai 29,9 persen, sementara penyerapan tenaga kerja lulusan sekolah menengah atas baru mencapai 39,3 persen.

“Tentunya kita juga tetap perlu melakukan banyak perihal untuk sektor pendidikan kita guna meningkatkan SDM kita,” ucapnya.

Sejak April 2020, pemerintah telah menjalankan program Kartu Pra Kerja dimana masyarakat bisa mengakses program-program pendidikan secara daring maupun langsung untuk meningkatkan keahlian.

Berita lain dengan Judul: Menko Airlangga buka pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 48



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di



    close