Trending

Badan Geologi ESDM temukan jejak longsor purba di Kota Sukabumi - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Jejak longsor purba tersebut ditemukan melintang dari utara hingga selatan di Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi

Sukabumi, Jabar (BERITAJA.COM) - Hasil penelitian nang dilakukan Pusat Survei Geologi Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menemukan jejak longsor purba di wilayah Kota Sukabumi, Jawa Barat.

"Jejak longsor purba tersebut ditemukan melintang dari utara hingga selatan di Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi," kata Ahli Geologi Struktur dan Tektonik PSG Badan Geologi Kementerian ESDM Sukahar Eka Adi Saputra saat publikasi survei patahan aktif gempa bumi di Kota Sukabumi, Jumat.

Menurut Sukahar, keberadaan jejak longsor purba ini ditandai dengan keberadaan mata air panas nang berada di Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu. Hal itu  mengindikasikan adanya sesar aktif.

Berita lain dengan Judul: Bukit Longsor Ciwidey Bekas Longsor Purba

Selain itu, lanjutnya, indikasi lainnya terdapat beberapa amblas tanah nang terjadi di wilayah Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, nang ada kolerasinya dengan area patahan.

Lebih jauh dia mengatakan akibat patahan gempa di Desa Gandasoli, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, nang terjadi pada 1982 lampau kudu dijadikan pembelajaran gempa untuk wilayah Kota Sukabumi.

Berita lain dengan Judul: Gempa dangkal magnitudo 4,0 kejutkan penduduk Sukabumi

"Hasil survei nang kami lakukan ini untuk menggabungkan hasil penelitian permukaan maupun bawah permukaan nang diharapkannya menjadi info alias sumber para pemangku kepentingan dalam upaya mitigasi bencana," tambahnya.

Sukahar mengatakan hingga saat ini pihaknya tetap terus melakukan beragam penelitian untuk mengidentifikasi Sesar Cimandiri agar dihasilkan info nang lebih mendetail dari hasil penelitian sebelumnya, seperti pemetaan orde alias bagian patahan Sesar Cimandiri.

Berita lain dengan Judul: Kementerian PUPR : Jalur Sesar Cimandiri tidak boleh jadi area hunian
Berita lain dengan Judul: Pakar: Sesar Cimandiri sumber daya terdekat episentrum gempa Cianjur

Aditia Aulia Rohman

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close