Trending

Babel melaporkan larangan ekspor logam timah ke Presiden Jokowi - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Rencana larangan logam ini sudah disampaikan kepada Presiden Jokowi dan para menteri.

Pangkalpinang (BERITAJA.COM) - Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Ridwan Djamaluddin menyatakan Pemerintah Provinsi Kepulauan Babel telah melaporkan rencana larangan ekspor logam timah ke Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

"Rencana larangan logam ini sudah disampaikan kepada Presiden Jokowi dan para menteri," kata Ridwan Djamaluddin, usai FGD Kajian Jangka Panjang Tahun 2023 dengan tema "Mengembalikan komoditas timah menjadi mineral strategis dalam rangka mengamankan penguasaan aset mineral", di Pangkalpinang, Jumat sore.

Ia mengatakan penghentian ekspor logam timah ini sudah menjadi kajian utama dan paling serius untuk segera dilakukan, agar Indonesia menjadi salah-satu negara pemain besar timah dunia.

"Ini tentunya bakal mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, apalagi pemerintah bakal menjadikan timah ini sebagai komoditas strategis," katanya pula.

Menurut dia, dengan adanya setop ekspor logam timah ini, tentunya bakal menunjukkan Indonesia untuk naik kelas di pasar dunia.

"Indonesia naik kelas dari negara ekstraktif menjadi negara industri, intinya jangan sampai Indonesia disusul oleh negara-negara lain," katanya lagi.

Dia mengatakan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI mau mendorong peningkatan nilai faedah timah nang ada menjadi mineral strategis untuk generasi masa nang bakal datang.

"Ketika disebut mineral strategis itu pemanfaatannya menjadi strategis, sehingga peran pemerintah menjadi lebih penting," kata dia. 
Berita lain dengan Judul: Ini argumen rencana pelarangan ekspor timah, ungkap Dirjen Minerba ESDM
Berita lain dengan Judul: KESDM sebut persiapan hilirisasi timah paling serius dilakukan


Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close