Asisten Menlu AS berkunjung ke Indonesia dan Malaysia - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu
beritaja.com

Jakarta (BERITAJA.COM) - Asisten Menteri Luar Negeri Amerika Serikat untuk Urusan Asia Timur dan Pasifik Daniel J. Kritenbrink berjamu ke Jakarta, Indonesia, dan Kuala Lumpur, Malaysia, pada 7-11 Maret.

Dalam kunjungannya, Asisten Menlu Kritenbrink bakal berperan-serta dalam Dialog ASEAN-AS dan Pertemuan Pejabat Senior KTT ASEAN-Asia Timur di Jakarta.

Hal itu disampaikan dalam pernyataan media Kantor Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS nan dikeluarkan oleh Kedutaan Besar AS di Jakarta, Selasa.

Selama di Jakarta, Asisten Menlu AS Kritenbrink akan memperingati 10 tahun program Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI) dan berjumpa Perwakilan Tetap Filipina untuk ASEAN nan baru.

Kritenbrink akan berjumpa pula dengan sejumlah pejabat pemerintah Indonesia untuk membahas Kemitraan Strategis Amerika Serikat-Indonesia, serta inisiatif bilateral di bagian ekonomi, keamanan, iklim, dan energi.

Berita lain dengan Judul: AS dukung Konsensus Lima Poin ASEAN untuk akhiri krisis Myanmar

Selanjutnya, dalam kunjungan ke Kuala Lumpur, Asisten Menlu Kritenbrink bakal berjumpa dengan pejabat senior pemerintah Malaysia untuk membahas prioritas strategis dan langkah memperluas Kemitraan Komprehensif kedua negara.

Pembahasan itu termasuk dalam bagian penegakan norma dan kerja sama penanggulangan terorisme, kerakyatan dan kewenangan asasi manusia, antikorupsi, pemberantasan perdagangan orang, pengungsi, kejahatan siber, keamanan maritim, dan inisiatif mengenai mineral kritis, daya terbarukan, dan bioteknologi.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi saat berjumpa dengan Menteri Luar Negeri AS y Blinken --di sela-sela Pertemuan Menteri Luar Negeri G20 di New Delhi, India pada 2 Maret-- menyoroti pentingnya peningkatan kerja sama Amerika Serikat dengan ASEAN selama tahun keketuaan Indonesia di ASEAN.

Menurut Blinken, tahun ini menjadi kesempatan nan baik untuk membandingkan catatan tentang ASEAN serta kemitraan strategis nan sangat kuat nan dimiliki Indonesia dan Amerika Serikat dalam begitu banyak perihal nan menjadi kepentingan dan perhatian bersama.

Pada pertemuan itu, Menlu Retno dan Menlu Blinken membahas pula tentang beragam tantangan keamanan di kawasan, termasuk krisis nan sedang berjalan di Myanmar.

Berita lain dengan Judul: Menlu RI berjumpa Menlu AS telaah tantangan keamanan regional, global

Berita lain dengan Judul: Negara sahabat dukung keketuaan Indonesia di ASEAN 2023



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
    close