Aprofi buat panduan pencegahan kekerasan seksual dalam produksi film - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu
beritaja.com

Jakarta (BERITAJA.COM) - Asosiasi Produser Film Indonesia (Aprofi) telah membikin pedoman teknis tentang pencegahan dan penanganan kekerasan seksual dalam produksi movie nan disusun sejak tahun lampau dan rencananya bakal didistribusikan ke seluruh produser personil Aprofi pada akhir bulan ini.

"Segera dalam waktu satu bulan, memang sasaran kita di bulan ini, akhir bulan ini, didistribusikan dan diberlakukan buat anggota," kata Ketua Umum Aprofi Edwin Nazir dalam Konferensi Film Nasional nan diikuti secara daring di Jakarta, Selasa.

Selain pedoman pencegahan dan penanganan kekerasan seksual, Aprofi juga membikin pedoman teknis lain ialah pedoman dan prosedur operasional standar segmen intim dalam film. Hal ini dibuat mengingat pengambilan segmen dalam movie juga mempunyai potensi terjadinya kekerasan seksual.

"Dua pedoman ini nan coba kami susun. Sebenarnya sudah selesai dari tahun lalu, tapi belum kami publikasikan ke seluruh personil lantaran waktu itu kami uji cobakan," kata Edwin.

Berita lain dengan Judul: Mira Lesmana jadi penasihat Asosiasi Produser Film Indonesia

Dalam satu tahun terakhir, Aprofi melakukan uji coba untuk menerapkan dan mempraktikkan dua pedoman teknis tersebut di beberapa produksi film. Walau tetap terdapat hal-hal nan memerlukan penyempurnaan, Edwin memandang adanya urgensi untuk pendistribusian pedoman tersebut agar setidaknya seluruh produksi movie mempunyai pegangan.

"Kami tahu ini belum sempurna. Tapi kudu dikeluarkan dulu dengan dugaan bahwa jika memang ada hal-hal nan perlu ditambah alias dikurangi, bisa kita keluarkan untuk pedoman di seri berikutnya," kata dia.

Aprofi juga menyusun format pakta integritas nan kudu ditandatangani oleh setiap kru dan pemain movie nan terlibat dalam produksi. Pakta integritas ini juga merinci hal-hal apa saja nan masuk dalam kategori kekerasan seksual.

Edwin mengatakan upaya-upaya ini dilakukan Aprofi bermaksud agar semua pihak dapat menjamin bahwa industri perfilman Indonesia merupakan ruang nan kondusif dan nyaman bagi seluruh pekerja film.

Melalui panduan-panduan tersebut, Edwin mengatakan setidaknya setiap produksi personil Aprofi nantinya wajib mengikuti pedoman guna mencegah dan menangani kasus kekerasan seksual di dalam industri. Walau pedoman bertindak hanya untuk anggota, dia berambisi asosiasi pekerjaan movie lainnya dapat mengangkat upaya nan sudah dilakukan Aprofi.

"Setidaknya untuk setiap produksi personil Aprofi ikut pedoman ini. Itu dulu. Dengan angan bahwa jika ini panduannya dianggap layak, bisa diadopsi oleh teman-teman di industri movie secara keseluruhan," kata Edwin.

Berita lain dengan Judul: Aprofi ajak pelaku industri movie terapkan asuransi kesehatan untuk kru

Berita lain dengan Judul: Regenerasi dan pembajakan jadi tantangan di industri perfilman

Berita lain dengan Judul: APROFI bicara soal kontroversi movie Naura dan Genk Juara



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
    close