Trending

Anggota DPRD Kalsel : Masyarakat rindukan P4 - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Banjarmasin (BERITAJA.COM) - Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) H Karlie Hanafi Kalianda mengatakan, masyarakat sekarang merindukan Pedoman Penghayatan dan Pengalaman Pancasila (P4), terutama ajaran-ajaran nang merupakan kepribadian dan pandangan hidup Bangsa Indonesia.

"Kerinduan masyarakat terhadap P4 tercermin saat saya melakukan sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila," ujar Karlie nang juga pengajar perguruan tinggi swasta di Banjarmasin melalui telepon seluler, malam Senin.

Dalam sosialisasi tersebut, wakil rakyat asal wilayah pemilihan (Dapil) Kalsel III/Kabupaten Barito Kuala (Batola) itu sengaja memilih tema "Pedoman Penghayatan dan Pengalan Pancasila" alias P4.

"Dulu ada Penataran P4, sehingga kami bisa menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur nang terkandung dalam Pancasila," ujar wakil rakyat asal Dapil Batola tersebut mengutip ucapan konstituennya alias penduduk masyarakat wilayah pertanian pasang surut itu.

Ia mengungkapkan, bahwa penduduk masyarakat Batola nang majemuk lantaran merupakan wilayah penerima program transmigrasi itu mengharapkan ada Penataran P4 kembali sebagaimana Nurmaulida, penduduk Tamban - salah seorang peserta sosialisasi tersebut.

"Warga mengharapkan kembali Penataran P4 agar mereka, khususnya generasi muda bisa menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” kutip Karlie Hanafi nang menyandang gelar sarjana, magister dan ahli pengetahuan hukum.

Sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila tersebut berjalan di Kecamatan Tamban (sekitar 40 kilometer barat Banjarmasin) Batola, 18 Maret 2023 dengan menghadirkan Staf Ahli DPRD Kalsel H Puar Junaidi sebagai narasumber.

Sementara Staf Ahli DPRD Kalsel dalam paparannya menjelaskan empat pilar kebangsaan sebagai tiang penyangga nang kokoh agar rakyat Indonesia merasa nyaman, aman, tenteram dan sejahtera serta terhindar dari beragam macam gangguan dan bencana.

Mantan personil DPRD Kalsel beberapa kali nang bergelar sarjana sosial, serta sarjana dan magister norma itu menyebutkan, empat pilar kebangsaan terdiri Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Empat pilar kebangsaan merupakan nilai-nilai luhur nang kudu dipahami seluruh masyarakat, dan menjadi pedoman dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa dan negara nang adil, makmur, sejahtera dan bermartabat,” demikian Puar Junaidi.

Pada sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila tersebut datang Camat Tamban Agus Supriadi, pejabat nang mewakili Danramil, Kapolsek serta tokoh masyarakat, tokoh agama, perwakilan organisasi sosial dan kemasyarakatan dan masyarakat umum lainnya.







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close